5 Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan

5 Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan Yang Perlu Anda Ketahui

Selamat menyimak informasi kesehatan yang akan mengulas seputar 5 Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan.

Selamat datang di http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan makanan. Seperti yang akan kami bahas saat ini 5 Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan, simak ulasannya!.

Masalah Kesehatan Umum

Masalah kesehatan memang selalu menjadi topik pembicaraan yang panjang. Dalam beberapa dekade, penyakit selalu menjadi teror yang berada dekat dengan setiap orang. Hasil riset yang dilakukan lembaga riset “The Indonesian Institute” mencatat, ada beberapa hal besar yang masih menjadi persoalan dalam bidang kesehatan di Indonesia.

Yang pertama adalah masalah infrastruktur yang belum merata dan kurang memadai. Karena dari sekitar 9.599 puskesmas dan 2.184 rumah sakit yang ada di Indonesia, sebagian besarnya masih berpusat di kota-kota besar.

“Masih banyak masyarakat di daerah yang tidak bisa mengakses pelayanan kesehatan karena tidak adanya fasilitas kesehatan yang disediakan. Alasan lainnya juga karena letak geografis yang sulit dijangkau,” papar Direktur Riset dari “The Indonesian Institute” Lola Amelia, dalam acara talkshow Beritasatu.com Festival, di Jakarta, Sabtu (23/8).

Persoalan kedua juga menyangkut masalah distribusi yang belum merata, khususnya tenaga kesehatan. “Beberapa daerah masih banyak yang kekurangan tenaga kesehatan, terutama untuk dokter spesialis. Memang sudah ada program ‘bidan masuk desa’, tapi kan mereka tidak menetap,” ujar dia.

Data terakhir Kementerian Kesehatan RI memang mencatat, sebanyak 52,8 persen dokter spesialis berada di Jakarta, sementara di NTT dan provinsi di bagian Timur Indonesia lainnya hanya sekitar 1-3 persen saja.

Persoalan terakhir yang menjadi catatan “The Indonesian Institute” adalah soal pendanaan. Karena untuk tahun 2014, pemerintah hanya mengalokasikan 2,4 persen dana APBN untuk bidang kesehatan. Padahal Undang-undang Kesehatan Nomor 36/2009 mengamanatkan dana kesehatan sebesar 5 persen dari APBN.

“Ini sebetulnya masalah kemauan pemerintah saja. Tapi kalau melihat visi dan misi Jokowi sebagai Presiden RI, dia setuju akan menaikkan anggaran kesehatan menjadi 5 persen. Mudah-mudahan di pemerintahannya nanti, hal itu bisa direalisasikan,” harap Lola.

Berikut ini Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan

5 Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan5 masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan makanan-, Makanan sehat adalah salah satu obat terbaik di bumi ini. Selain itu, makanan sehat dapat mengatur setiap fungsi biologis tubuh anda. Ada berbagai masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat tertentu. Seperti yang kami kutip dibawah ini :

-Permasalahan : Jerawat

Solusi : Makan bawang

Anda berjerawat? Antioksidan dalam bawang dan sayuran yang kaya belerang lainnya bermanfaat dalam mengatasi peradangan pada jerawat, kata Valori Treloar, MD, seorang dokter kulit di Newton, Massachusetts, Amerika Serikat. Sulfur dalam bawang dan daun bawang dapat membantu menghasilkan molekul detoksifikasi yang disebut glutathion, di mana penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa kurangnya glutathion banyak dijumpai pada kulit orang-orang yang rentan terhadap jerawat. Antioksidan ini bisa bekerja sangat ampuh bila bawang dimakan mentah atau dimasak sebentar. Vitamin B6, B12, dan folat juga diketahui dapat meningkatkan kadar glutathion.

-Permasalahan : Kembung

Solusi: Konsumsi buah dan sayuran berair

Ketika anda merasa kembung, anda mungkin tidak berselera untuk mengkonsumsi makanan berair. Namun menurut Elizabeth Somer, RD, penulis buku “Food & Mood”, mengonsumsi makanan seperti melon, mentimun, dan seledri adalah cara terbaik untuk membersihkan sistem pencernaan anda. Kembung bisa disebabkan akibat kebanyakan mengonsumsi natrium yang bisa menahan air untuk mengencerkan darah. Makan makanan yang mengandung banyak air dapat membantu proses pengenceran, sehingga tubuh dapat mengeluarkan kelebihan natrium dan air.

Konsumsi juga buah pepaya

Kembung juga bisa menjadi tanda bahwa usus anda terganggu. “Jika anda tidak teratur membuang gas (kentut), maka pepaya bisa membantu mengatasi permasalahan ini”, ujar Dharma Singh Khalsa, MD, penulis buku ‘Food as Medicine’. Makan secangkir buah pepaya beberapa kali dalam seminggu bisa membantu meremajakan sistem pencernaan anda. Hal ini berkat enzim papain pada pepaya, yang berperan dalam memecah protein. Serat juga dapat membantu mendorong makanan melalui usus dan menyehatkan sistem pencernaan.

-Permasalahan : Suasana hati naik-turun

Solusi : Sarapan pagi

Orang yang selalu menyempatkan sarapan pagi diketahui memiliki suasana hati dan berproduktivitas lebih baik di tempat kerjanya. Para peneliti Inggris menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi cenderung memiliki daya ingat yang kurang baik dan mudah lelah. Sarapan yang optimal adalah dengan mengonsumsi gandum (untuk memasok glukosa ke otak) dan makanan berprotein (untuk memberikan efek kenyang dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil). Jangan lupa melibatkan juga buah dan sayuran.

Konsumsi makanan yang mengandung selenium

Mineral selenium yang terkandung dalam tuna, telur, kalkun dan kacang Brazil dapat membantu kondisi tubuh tetap stabil. Wanita yang tidak cukup mendapatkan asupan selenium lebih rentan mengalami depresi. Hal ini dikarenakan selenium sangat penting untuk memproduksi hormon tiroid, hormon yang mengatur metabolisme dan suasana hati. Tidak perlu banyak mengonsumsinya, makan 3 ons tuna kaleng sudah dinilai cukup.

-Permasalahan : Sindrom Prahaid (PMS, premenstrual syndrome)

Solusi : Makan makanan yang mengandung zat besi

Wanita akan lebih rentan mengalami gejala-gejala pramenstruasi jika kekurangan zat besi, menurut sebuah penelitian terbaru. Untuk menghindari gejala emosi, psikologis, fisik yang berhubungan dengan siklus menstruasi, konsumsilah sereal yang diperkaya zat besi. Anda juga bisa mengonsumsi 4 miligram kacang putih dan 3 miligram tumis bayam segar.

-Permasalahan : Kulit terlalu sensitif terhadap matahari

Solusi : Makan makanan yang mengandung karotenoid

Sensitivitas kulit terhadap matahari juga bisa dipengaruhi oleh makanan yang anda makan. Mikronutrien yang bernama karotenoid, yang banyak ditemukan dalam buah dan sayuran, dapat melindungi kulit terhadap sengatan matahari. Menurut Wilhelm Stahl, PhD, seorang profesor biokimia di Heinrich Heine University di Düsseldorf, Jerman, asupan karotenoid yang cukup di dalam tubuh anda dapat menyerap sinar UV dan mencegah kerusakan kulit.

Karotenoid yang paling ampuh adalah beta-karoten, banyak ditemukan di dalam wortel, endive(andewi), dan bayam. Karotenoid lainnya adalah likopen, yang banyak ditemukan dalam semangka dan tomat. Perlu diingat bahwa efeknya tidak seketika. Anda perlu mengonsumsi makanan kaya karotenoid setidaknya selama 10-12 minggu untuk mendapatkan manfaat penuh. Namun kesabaran anda akan dibayar lunas dengan sehatnya kulit yang kebal terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan keriput.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai 5 Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan. Semoga artikel yang kami kutip ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya. Baca juga : Olahraga Dapat Mencegah Pikun

5 Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan