5 Penyebab Hilangnya Konsentrasi

5 Penyebab Hilangnya Konsentrasi Saat Beraktivitas

5 peyebab hilangnya konsentrasi saat berkativitas dengan mengetahui sebab hilangnya konsentrasi maka anda dapat mencari solusi untuk mendatangkan kembali konsentrasi tersebut.

Di tengah kesibukan pekerjaan yang padat, konsentrasi yang tinggi memang sangat dibutuhkan. Apalagi jika pekerjaan yang dilakukan diburu oleh waktu, antara fokus dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu kadang saling bertindihan. Belum lagi banyak pikiran dan masalah yang bersarang di otak, konsentrasi saat bekerja kian sulit untuk dikembalikan.

Konsentrasi dalam beraktivitas merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah aktifitas. Namun biasanya kita akan kehilangan konsentrasi yang kita butuhkan saat bekerja. Banyak faktor yang menyebabkan hilangnya konsentrasi saat beraktivitas  yang harus anda ketahui.

Berikut ini 5 penyebab hilangnya konsentrasi saat beraktivitas

5 Penyebab Hilangnya KonsentrasiAnda memiliki kecemasan yang berlebihan

Ketika anda terlalu mencemaskan sesuatu, anda akan kesulitan berkonsentrasi melakukan pekerjaan Anda. Begitulah cara otak merespon ancaman nyata atau bayangan. Anda menjadi terlalu waspada terhadap lingkungan. Lakukanlah sesuatu yang menyenangkan untuk membersihkan kepala Anda dari hal-hal yang membuat cemas. Berbagi cerita dengan teman dekat juga dapat mengurangi kekhawatiran yang berlebihan.

Diet yang Buruk

Pola makan yang buruk dapat menyebabkan obesitas, hipertensi, dan kolesterol tinggi yang berpengaruh pada fungsi kognitif tubuh dan mengganggu kesehatan otak. Untuk mengatasinya, aturlah pola makan yang sehat bagi jantung dan sistem kardiovaskular, karena itu juga baik bagi otak.

Kadar hormon dan vitamin yang rendah

Pikiran yang kadang linglung dapat menandakan defisiensi vitamin atau hormon, terutama jika Anda sedang merasa kelelahan. Sebagai contoh, jika Anda kekurangan hormon tiroid, metabolisme tubuh akan melambat, aliran darah berkurang dan fungsi sel otak tidak dapat bekerja optimal. Kurangnya vitamin B-12 dalam tubuh juga memiliki gejala yang sama. Anda dapat memeriksakan perihal defisiensi hormon dan vitamin ke dokter yang ditandai masalah kardiovaskular seperti hipertensi, kolesterol tinggi, sindrom metabolik atau pradiabetes. Jika masalah ini tidak ditangani, dapat menyebabkan penurunan kognitif.

Terlalu banyak stres

Stres memengaruhi pusat kognitif otak. Ketika Anda stres, kecemasan akan membuat Anda makin sulit untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk melakukan meditasi agar Anda merasa lebih rileks. Belajar bermeditasi juga dapat memperpanjang durasi Anda untuk fokus pada sesuatu  dan mengurangi rasa cemas.

Penggunaan obat jangka panjang

Pengkonsumsian obat jangka panjang dapat mempengaruhi konsentrasi dan mood. Beberapa obat yang dimaksud adalah obat tidur, obat penenang, dan obat anti depresan. Apabila anda memang membutuhkan obat-obatan tersebut, maka konsultasilah terlebih dahulu kepada dokter mengenai pengaruhnya terhadap tingkat konsentrasi anda.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai 5 penyebab hilangnya konsentrasi. Jika anda ingin fokus atau konsentrasi tidak terganggu sebaiknya anda tinggalkan kebiasaan-kebiasaan seperti yang telah kami kutip diatas tadi. Terimakasih atas waktu dan kunjungannya, semoga artikel yang kami kutip ini bisa memberikan banyak manfaat bagi anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya,

Baca juga artikel kami lainnya : Sikap Optimis Dapat Meningkatkan Kesehatan

5 Penyebab Hilangnya Konsentrasi