7 Tanda Hormon Tidak Seimbang

Inilah 7 Tanda Hormon Tidak Seimbang Pada Wanita

Kenali 7 tanda hormon tidak seimbang pada wanita yang biasanya dipicu oleh pola makan dan gaya hidup yang cenderung kurang sehat.

Selamat datang dan selamat menyimak artikel kesehatan kami yang meliputi seputar 7 tanda hormon tidak seimbang. Nah, jika anda wanita sering merasa kelelahan , insomnia dan sebagainya berhati-hatilah tidak menutup kemungkinan hormon anda tidak seimbang. Apabila dalam jangka panjang, kekurangan atau ketidakseimbangan hormon pada wanita dapat menyebabkan infertilitas. Ingin tahu lebih jelas mengenai 7 tanda hormon tidak seimbang? simak sampai tuntas ulasan berikut!.

Sekilas Informasi Menarik Seputar Hormon Pada Wanita

7 Tanda Hormon Tidak SeimbangHormon adalah pembawa sel kimiawi yang disalurkan ke seluruh bagian – bagian tubuh dan mengatur proses yang sangat kompleks sekaligus seperti pertumbuhan, metabolisme dan kesuburan. Hormon bisa mempengaruhi fungsi sistem imun (kekebalan tubuh) dan bahkan mengubah tingkah laku seseorang.

Hormon wanita terutama dibentuk di ovarium (hormon pria dibentuk di testis). Baik pria maupun wanita, pada dasarnya memiliki jenis hormon yang relatif sama. Hanya kadarnya yang berbeda. Hormon seksual wanita antara lain progesteron dan estrogen. Hormon seksual pria antara lain androstenidion dan testosteron (androgen). Pada wanita, hormon seksual kewanitaannya lebih banyak ketimbang pria. Begitu pula sebaliknya.

Estrogen

Estrogen merupakan bentukan dari androstenidion (hormon seksual pria yang utama) yang dihasilkan ovarium. Selain androstenidion, ovarium juga mengeluarkan testosteron dan dehidroepiandrosteron, tapi dalam jumlah yang sedikit.

Hormon Progesteron

Hormon ini merupakan bentukan dari pregnenolon yang dihasilkan oleh kelenjar dan berasal dari kolesterol darah.

Testosteron dan Dehidropoeiandrosteron

Hormon ini yang juga diproduksi oleh ovarium tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit. Hormon ini dibutuhkan oleh wanita karena berhubungan dengan daya tahan tubuh dan libido (gairah seksual).

Efek Hormon Terhadap Wanita

Hormon-hormon pada tubuh wanita berperan penting dalam perjalanan hidupnya termasuk pada keindahan kulit. Berikut ini adalah peran ketiga hormon utama wanita:

Hormon Estrogen:

-Mempertahankan fungsi otak.
-Mencegah gejala menopause (seperti hot flushes) dan gangguan mood.
-Meningkatkan pertumbuhan dan elastisitas serta sebagai pelumas sel jaringan (kulit, saluran kemih, vagina, dan pembuluh darah).
-Pola distribusi lemah di bawah kulit sehingga membentuk tubuh wanita yang feminin.
-Produksi sel pigmen kulit.

Estrogen juga mempengaruhi sirkulasi darah pada kulit, mempertahankan struktur normal kulit agar tetap lentur, menjaga kolagen kulit agar terpelihara dan kencang serta mampu menahan air.

Hormon Progesteron:

Sebenarnya hormon ini tidak terlalu berhubungan langsung dengan keadan kulit tetapi sedikit banyak ada pengaruhnya karena merupakan pengembangan estrogen dan kompetitor androgen. Fungsi utama hormon progesteron lebih pada sistem reproduksi wanita, yaitu:

-Mengatur siklus haid.
-Mengembangkan jaringan payudara.
-Menyiapkan rahim pada waktu kehamilan.
-Melindungi wanita pasca menopause terhadap kanker endometrium.

Hormon Androgen berfungsi untuk:

-Merangsang dorongan seksual.
-Merangsang pembentukan otot, tulang, kulit, organ seksual dan sel darah merah.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang dilakukan hormon pada tubuh kita:

– Mengatur perkembangan dan pertumbuhan fisik
– Mengatur metabolisme makanan
– Mengatur fungsi sexual
– Mengatur Kesadaran dan Mood (suasana hati)
– Mengatur temperatur tubuh

Saat hormon dalam kondisi tidak seimbang, efeknya dapat menyebabkan problematika serius terhadap kesehatan mental dan fisik tubuh kita. Satu – satunya cara yang bisa anda lakukan jika merasakan adanya ketidakseimbangan hormon adalah dengan langsung memeriksakannya pada dokter terdekat anda. Dibawah ini adalah delapan tanda kemungkinan hormon yang tidak seimbang:

  • Merasa Kelelahan: Hal ini terjadi ketika seseorang sedang stress karena akibat dari ketidakseimbangan hormon, dari stress tersebut kemudian menyebabkan kelelahan.
  • Kerontokan Rambut: Penyebab utama dari kerontokan rambut adalah Dyhydrotestosterone (DHT). Umumnya wanita hanya memiliki sedikit saja level testosterone dalam tubuhnya, namun hal itu sudah cukup untuk menyebabkan DHT menjadi pemicu rontoknya rambut.
  • Insomnia: Wanita yang sedang melalui masa menopause juga akan mengalami insomnia. Semua itu disebabkan karena adanya perubahan hormonal. Namun masalahnya, proses penyeimbangan hormon dilakukan selama sedang tidur, sehingga kualitas tidur yang terganggu juga akan berdampak pada 10 hormon yang berbeda.
  • Masalah Pencernaan: Ketidakseimbangan 3 hormon dalam sistem saluran pencernaan juga bisa menyebabkan masalah. Ketiga hormon tersebut adalah Gastrin, Secretin dan Cholecystokinin (CCK). Hormon tersebut membantu menstimulasi proses pencernaan untuk melumatkan makanan agar menjadi molekul – molekul sederhana yang bisa dengan mudah diserap kedalam aliran darah.
  • Keringat Berlebih: Wanita yang sedang mengalami masa menopause akan merasakan suhu tubuh yang meningkat. Waktunya tidak pasti tapi lebih sering pada malam hari. Kondisi ini juga dikenal dengan keringat di malam hari.
  • Lemah Syahwat: Sebuah hormon yang disebut dengan androgen berada dalam testis untuk pria dan Ovarium pada wanita. Kekurangan hormon androgen dapat menyebabkan laki – laki atau wanita menjadi lemah syahwat.
  • Naiknya Berat Badan secara Konstan: Produksi kortisol yang terganggu akibat masalah hormon dapat menyebabkan berat badan meningkat.
  • Mudah Marah: Hipoteroidisme adalah sebuah kondisi dimana tubuh kelebihan TSH (Thyroid stimulating hormone). Hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah marah, cemas dan depresi.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai 7 tanda hormon tidak seimbang, terimakasih atas kunjungannya. Semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua..

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Manfaat Fitness Untuk Kesehatan

7 Tanda Hormon Tidak Seimbang