Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan Dan Tips Untuk Menghindarinya

Bagi anda yang memiliki pekerjaan untuk mengharuskan duduk terlalu lama, sebaiknya simak sampai tuntas ulasan bahaya duduk terlalu lama untuk kesehatan.

Bahaya duduk terlalu lama untuk kesehatan| Enaknya kalau kita bekerja yang hanya tinggal duduk bersama komputer. Tidak perlu keluar keringat dan tidak perlu bernafas cepat karena kelelahan. Aktivitas duduk terlihat seperti hal yang sangat sepele, karena banyak orang yang melakukan aktivitas ini hampir di semua tempat seperti di kantor, rumah, kafe, dan banyak tempat lainnya. Aktivitas duduk terlihat seperti suatu kegiatan paling aman dan tanpa resiko bagi manusia.

Tetapi, siapa sangka kalau kita terlalu lama duduk itu bisa mengundang bahaya menghampiri kita. Bahaya seperti apa dan bagaimana solusi untuk menghindarinya?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Diabetes Group at the University of Leicester, mengungkap bahwa seseorang yang terlalu lama duduk mempunyai resiko yang cukup besar untuk terserang penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung, dan memperpendek usia. Untuk mengatasi resiko datangnya penyakin berbahaya akibat terlalu banyak duduk, para peneliti menyarankan agar tubuh lebih banyak melakukan aktivitas fisik dari pada hanya duduk-duduk terlalu lama.

Berikut ini bahaya jika duduk terlalu lama untuk kesehatan dan tips untuk menghindarinya

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk KesehatanBanyak orang yang tidak berpikir mengenai resiko akibat duduk terlalu lama. Namun beberapa peneliti dan pemerhati kesehatan sudah lama memberikan peringatan mengenai hal ini. Dibawah ini adalah ulasan mengenai dampak kesehatan yang bisa terjadi jika anda duduk terlalu lama :

  • Meningkatkan resiko Diabetes

Tahukah anda, bagi wanita yang duduk sampai 7 jam sehari mempunyai risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk, maka akan semakin besar pula risiko terkena diabetes.

  • Gangguan fungsi metabolisme tubuh

Menurut sebuah penelitian, duduk terlalu lama hingga berjam-jam bisa mengganggu sistem metabolisme dalam tubuh kita. Dampak yang ditimbulkan adalah terjadinya peningkatan kolesterol dalam tubuh. Hal ini akan mengakibatkan pada masalah kesehatan secara keseluruhan.

  • Mati muda

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama anda duduk, maka semakin pendek pula usia anda. Ini dikarenakan duduk selama berjam-jam akan mengembangkan lemak darah dan juga meningkatkan kadar kolesterol.Risiko yang terjadi adalah anda bisa terkena penyakit kardiovaskular yakni serangan jantung dan juga penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kematian.

  • Resiko tinggi mengidap penyakit Kanker

Dalam sebuah penelitian terbukti bahwa duduk terlalu lama bisa menyebabkan resiko penyakit kanker payudara, kanker rahim dan kanker usus besar. Resiko kanker ini menjadi lebih tinggi karena tubuh kurang aktif sehingga menurunkan potensi zat antioksidan dalam tubuh, produksi insulin yang lebih lemah, dan pertumbuhan sel yang lebih cepat namun ternyata justru sel yang tidak normal pemicu kanker. Sementara menggerakkan tubuh akan memulihkan semua kondisi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan kanker.

  • Penurunan fungsi otak

Ketika anda terlalu banyak duduk maka bisa mengalami penurunan fungsi otak. Hal ini bisa terjadi karena terlalu banyak duduk akan membuat otak tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang lebih cukup seperti ketika tubuh aktif. Otak membutuhkan oksigen dan darah yang cukup berkualitas untuk bisa melepaskan beberapa bahan kimia alami untuk tubuh. Jika terlalu banyak duduk maka bisa menyebabkan otak tidak bisa menerima semua ini dan fungsinya akan lebih cepat menurun.

  • Leher terasa Nyeri

Mungkin anda akan mengalami peradangan pada bagian sendi tulang belakang jika duduk dengan posisi tegak yang terlalu lama. sehingga anda harus menghindari kebiasaan yang memang tidak baik untuk kesehatan.

  • Nyeri punggung

Terlalu lama duduk akan menyebabkan nyeri punggung pada bagian bawah atau sakit tulang belakang secara keseluruhan. Terlalu lama duduk dalam posisi yang sama akan membuat otot punggung menjadi kaku. Oleh sebab itu, punggung terasa sakit atau nyeri.

Tips Untuk Menghindarinya

Namun dari semua kabar buruk tersebut, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan akibat duduk terlalu lama, yaitu :

  • Minumlah lebih banyak air

    Selain minum air sangat baik bagi kesehatan, hal ini akan ‘memaksa’ anda untuk lebih sering berdiri walau hanya sekadar mengambil air. Ini juga memungkinkan anda untuk sering pergi ke toilet.

  • Berdiri sebentar setiap 30 menit sekali

    Berdirilah atau melakukan aktivitas ringan setiap 30 menit sekali untuk merilekskan tubuh anda dari kekakuan.

  • Gunakan tangga

    Daripada menggunakan lift, lebih baik menggunakan tangga sekalian olahraga ringan. Hal ini dapat membuat tubuh anda lebih bugar.

  • Gunakan meja yang fleksibel

    Jika memungkinkan, gunakan meja yang bisa diatur ketinggiannya, sehingga dapat diubah posisinya untuk digunakan saat duduk ataupun berdiri.

  • Hampiri rekan kerja anda
    Hampiri langsung rekan kerja anda bila ingin menyampaikan sesuatu daripada menggunakan telepon atau pesan singkat seperti SMS maupun BBM.

Berbagai jenis pekerjaan dan aktivitas dengan duduk yang terlalu lama memang berbahaya. Dengan berbagai gerakan ringan seperti berdiri, merubah posisi duduk dan berjalan maka akan mengurangi resiko bahaya duduk terlalu lama. Jadi mulai sekarang anda bisa mencoba untuk lebih banyak bergerak

Tips-tips di atas tidak hanya ditujukan bagi anda yang bekerja di kantor, tetapi juga dapat dilakukan oleh siapa saja sebagai upaya menghindari gangguan kesehatan akibat kebiasaan duduk terlalu lama.

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Baca juga artikel kami selanjutnya : Omega-3 Bisa Membantu Mengurangi Kebiasaan Merokok

Bahaya Duduk Terlalu Lama Untuk Kesehatan