Jual Obat Herbal Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil Yang Aman Tanpa Efeksamping.

Cara Mencegah Anak Obesitas

Cara Sederhana Untuk Mencegah Anak Obesitas

Cara mencegah anak obesitas, karena kelebihan berat badan dapat mengakibatkan berbagai efek yang merugikan bagi kesehatan tubuh.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi green world pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan seputar Cara Mencegah Anak Obesitas.

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan berbagai efek negatif untuk kesehatan. Anak-anak yang masih lugu tentu tidak memahami bahaya ini. Maka, merupakan tanggung jawab orangtua menjaga agar anak mereka tetap sehat. Orangtua harus mengetahui apa penyebab obesitas dan bagaimana cara mencegah atau mengatasi masalah obesitas anak. Seperti yang akan kami bahas kali ini dalam Cara Mencegah Anak Obesitas yang perlu dilakukan oleh bunda yang memiliki anak obesitas. Namun sebelum mengetahui cara mencegah anak obesitas, ada baiknya anda mengenal sedikit mengenai penyebab terjadinya obesitas pada anak!.

Pengertian dan Penyebab Obesitas Pada Anak

Kelebihan berat badan yang dialami oleh anak dapat disebabkan karena faktor keturunan. Resiko obesitas pada anak akan lebih tinggi dialami oleh anak dari orang tua yang mengalami obesitas. Selain dari faktor keturunan, faktor yang akan berperan dan membahayakan obesitas pada anak adalah pola makan. Pada anak yang mengalami obesitas tidak akan kesulitan soal makan, dia akan terus nafsu makan sehingga sulit mengontrol rasa lapar di dalam dirinya. Pola makan yang berlebihan dan pilihan makanan yang tidak tepat akan meningkatkan resiko obesitas.

Apa yang dimaksud dengan Obesitas?

Obesitas adalah proporsi lemak tubuh yang berlebihan. Seseorang biasanya dikatakan obesitas jika beratnya 20% atau lebih di atas berat normal. Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Cara yang umum digunakan adalah dengan mengukur Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index/BMI).

Berat yang normal adalah jika indeks massa tubuhnya berada pada kisaran 18,5 – 24,9; berat badan berlebih jika indeksnya 25 – 29,5; dikatakan obesitas jika indeksnya di atas 30.

Lalu apa saja yang menyebabkan Obesitas pada Anak?

-Faktor Genetik
Obesitas yang terjadi pada anak kecil cederung banyak dipengaruhi oleh faktor genetik atau karena faktor keturunan. Bisa Anda perhatikan jika salah satu dari orang tua mereka memiliki berat badan di atas normal atau obesitas maka tidak menutup kemungkinan keturunan atau anaknya berpotensi 75 % terkena obesitas.

-Faktor Usia
Penyebab obesitas pada anak selanjutnya adalah karena faktor usia. Pada umumnya obesitas memang secara umum banyak terjadi pada seseorang yang telah memasuki usia tua. Namun dalam kenyataan sekarang ini banyak anak usia dini mengalami obesitas. Hal itu dikarenakan kemampuan tubuh memetabolisme makanan mengalami ketelambatan.

-Faktor Lingkungan
Selain faktor genetik dan usia, faktor lingkungan juga memiliki pengaruh besar terhadap terjadinya obesitas pada anak. Faktor lingkungan ini meliputi gaya hidup atau kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Seperti segala sesuatu yang meraka makan setiap hari tanpa adanya pengawasan yang dilakukan orang disekitarnya atau orang tua.

Berikut Kami Informasikan Cara Mencegah Anak Obesitas

Cara Mencegah Anak Obesitas

Cara mencegah anak obesitas -, Ada banyak alasan mengapa anda harus peduli dengan berat badan anak anda. dalam jangka waktu yang dekat, jika dibiarkan tentu saja masalah obesitas akan sangat mengganggu aktivitas anak anda. Obesitas juga dapat menyebabkan gangguan pernafasan, dan nyeri sendi. Masalah tersebut dapat mengganggu anak anda dalam bersaing dengan teman-temannya. Jika dibiarkan, dalam jangka panjang obesitas dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, tekanan darah tinggi, ataupun kolesterol tinggi. Selain beresiko terkena berbagai jenis penyakit, bagi si anak yang mengalami obesitaspun dapat menjadi minder dan kurang percaya diri. Mungkin di sekolah, anak anda dipanggil dengan sebutan “gendut” dan sering menjadi bual-bualan. Hal tersebut dapat menimbulkan depresi bagi anak. Tidak jarang, terdapat penolakan dari lingkungan akibat kondisi tubuh yang besar.

Untuk bunda yang memiliki anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas, hendaknya tidak memaksakan diet ketat untuk anak karena hal ini dapat mengganggu pertumbuhan dan kesehatannya. Sebaliknya untuk mengatasi obesitas anak atau mencegah anak anda agar tidak mengalami obesitas, langkah-langkah yang dapat anda lakukan antara lain sebagai berikut :

-Jangan buat makanan terpisah
Jangan membuat menu makanan terpisah walaupun anak-anak Anda suka pilih-pilih makanan. Sebaiknya, belajarlah untuk membuat anak menyukai segala jenis makanan sehat yang Anda masak sendiri. Agar bisa lebih menarik, bisa juga Anda sajikan dengan tampilan atau dalam wadah yang menarik untuk lebih mengundang selera anak.

-Selalu sediakan sayur dan buah
Menu makan sebaiknya perlu berisi sayuran yang menyehatkan. Sementara itu, buah juga harus ada di rumah sebagai camilan untuk anak dan anggota keluarga yang lain. Selalu berikan sayuran dan buah-buahan yang kaya serat, serta hindari keripik dan makanan tak sehat lainnya sebagai camilan. Buah juga bisa Anda jadikan jus yang menyegarkan untuk anak. Biasakan minum jus yang terbuat dari 100% buah asli tidak lebih dari 180 ml per hari.

-Membeli produk musiman
Selain lebih murah, produk musiman jelas jauh lebih segar. Anda pun bisa memaksimalkan metode mengolah makanan sehat dalam berbagai bentuk.

-Mengajarkan menyukai makanan sehat
Mengajarkan anak untuk menyukai makanan sehat sejak dari kecil sangat diperlukan. Jika sejak kecil menyukai makanan sehat, sampai dewasa mereka pasti akan tetap membiasakan diri untuk mengkonsumsinya. Bahkan untuk makanan selingan pun Anda juga harus memperhatikan kesehatannya. Jangan lupa untuk membiasakan membeli makanan selingan dalam ukuran sekali makan

-Libatkan anak saat memasak
Anda juga bisa mengajak anak berbelanja, memasak, dan melibatkannya dalam segala hal saat menyiapkan makanan. Dengan begitu, mereka akan belajar untuk mengenal berbagai sayuran dan mau mengkonsumsinya secara teratur.

-Memperhatikan pola makan anak
Ukuran porsi makan anak sebaiknya sekitar seperempat dari porsi makan orang dewasa, serta jangan lupa menyusun jadwal makan yang teratur (3x makan besar, 2x makan selingan). Selain itu, mari biasakan makan bersama sekeluarga. Cara ini efektif lho agar ibu dapat mengawasi asupan nutrisi yang dikonsumsi si Kecil. Selain itu, saat ia makin besar nanti, ia akan terbiasa dengan variasi aneka menu keluarga yang berimbang. Tak hanya mencegah obesitas, tapi juga efektif menghindari si Kecil menjadi picky eater.

-Memperhatikan aktivitas fisik anak
Aktivitas fisik dan jadwal istirahat yang cukup juga turut berperan mencegah obesitas pada anak.  Jika Ibu mungkin berpikir bahwa tidur terlalu banyak dapat meningkatkan resiko obesitas, hal ini justru kurang tepat. Riset sejumlah pakar gizi justru menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan resiko obesitas. Alasannya, karena metabolisme anak menjadi terganggu dan membuat anak lebih suka mengemil.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mencegah Anak Obesitas. Untuk itu. biasakan makan makanan sehat agar berat badan anak selalu terjaga. Pola makan seimbang memang menjadi kunci penting bagi kesehatan si kecil. Dengan makan teratur dan bernutrisi lengkap, anak akan memiliki tubuh ideal yang mendukung tumbuh kembangnya. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Tips Sederhana Meningkatkan Metabolisme Tubuh.

Cara Mencegah Anak Obesitas

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *