Jual Obat Herbal Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil Yang Aman Tanpa Efeksamping.

Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Gigi Anak Anda

Menjaga kesehatan gigi tentu penting, baik pada orang tua maupun anak. Pentingnya menggosok gigi tentu sudah harus diajarkan sejak kecil. Tapi beberapa kebiasaan yang anak lakukan juga bisa merusak gigi anak. Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Gigi Anak Anda.

Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Gigi Anak Anda

Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Gigi Anak Anda | Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki gigi yang sehat dan putih bersih, sehingga anak pun menjadi percaya diri karenanya. Tak hanya itu, gigi yang sehat dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Namun, tidak sedikit orang tua menyepelekan berbagai kebiasaan buruk yang diam-diam dapat merusak gigi anak.

Berbagai kebiasaan buruk yang bisa memengaruhi kesehatan gigi dan mulut anak sebetulnya tak lepas dari gangguan emosional dan psikologis. Gangguan tersebut merupakan faktor penyebab anak melakukan suatu kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk ini dapat terjadi karena frekuensi dan durasi yang dilakukan anak.

Karena kesehatan gigi anak sangat penting, berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat merusak gigi anak yang mesti anda ketahui :

  • Mengedot seharian

Jika anak sudah mulai mengedot melalui gelas dengan tutup dot di atasnya, dianjurkan tidak membiasakan anak mengedot seharian dengan jus, susu, atau minuman manis lainnya. Hal ini bisa membahayakan gigi karena membuat saliva atau air liur yang ada di dalam mulut anak tidak dapat membersihkan gula secara alami.

  • Mengisap jempol dan mengempeng

Ada beragam kebiasaan yang anak lakukan untuk membuat dirinya merasa nyaman. Contohnya saja mengisap jempol atau mengempeng. Kebiasaan ini jika dilakukan pada anak usia 4-6 tahun dapat menyebabkan gigi berantakan. Kebiasaan ini juga menyebabkan beragam masalah seperti mengalami kesulitan mengunyah. Mengempeng hingga usia anak cukup besar juga dapat memengaruhi bentuk rahang dan bentuk normal gigi. Jika anak Anda sudah mengempeng sejak bayi, disarankan untuk menghentikan kebiasaan ini sejak usia 1 tahun. Karena mengempeng bisa menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan.

  • Menyusu di malam hari

Gigi anak sudah disikat dengan bersih, namun sebelum tidur anak malah minta susu. Kebiasaan seperti ini yang tanpa disadari dapat mengganggu kesehatan gigi anak. Menyusu pada malam hari dapat meninggalkan gula di dalam mulut dan gigi anak sepanjang malam. Jika dilakukan terus menerus, akibatnya enamel gigi akan bermasalah. Selain itu, jika Anda masih memberikan ASI kepada anak disarankan untuk membersihkan giginya setelah menyusui. Karena di dalam ASI terkandung laktosa (yang merupakan kandungan gula dalam ASI) yang dapat memengaruhi kesehatan gigi anak. (Obat Kelopak Mata Turun)

  • Menggigit pensil

Memasuki masa sekolah atau pra sekolah, anak akan mulai berinteraksi dengan pensil. Kebiasaan ini dapat menyebabkan masuknya bakteri ke dalam mulut, dan dapat memicu keretakan gigi. Bahkan, jika anak Anda terjatuh dengan pensil yang masih ada di dalam mulutnya, bisa menyebabkan trauma mulut.

  • Minuman manis dan bersoda

Selain tidak memberikan nutrisi dengan sempurna, minuman bersoda juga mengandung banyak sekali gula. Sama halnya dengan minuman manis seperti jus. Meski terdengar sehat, sebenarnya serat atau nutrisi lain yang ada di dalam buah bisa hilang pada saat proses pembuatan jus. Bahkan, bentuknya yang halus membuat vitamin yang ada di dalamnya tidak dapat terserap baik oleh tubuh. Hal ini terjadi karena jus dapat dengan mudah dan cepat melewati sistem pencernaan tanpa sempat mengambil nutrisi di dalamnya.

  • Menelan pasta gigi

Pasta gigi anak tersedia dalam beragam rasa dan warna yang menarik bagi anak. Terkadang disengaja atau tidak, pasta gigi dapat tertelan oleh anak. Sebisa mungkin hindari hal ini terjadi pada anak Anda. Karena fluoride yang terkandung di dalam pasta gigi, meski bagus untuk kesehatan gigi tapi jika terlalu berlebihan atau bahkan tertelan, dapat menyebabkan fluorosis. Kondisi di mana muncul bintik cokelat atau putih pada gigi. Jadi, sebelum anak bisa meludah dan membuang busa pasta gigi dengan benar, disarankan menggunakan pasta gigi tanpa kandungan fluoride.

Itulah Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Gigi Anak Anda. Sebagai orang tua, Anda harus peka terhadap kebiasaan-kebiasaan tersebut. Jika anak melakukan satu atau beberapa di antaranya, segera perbaiki kebiasaan tersebut dan bantu anak menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Baca Juga : Manfaat Luar Biasa Dari Jagung Untuk Ibu Hamil

| Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Gigi Anak Anda |

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *