Jual Obat Herbal Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil Yang Aman Tanpa Efeksamping.

Khasiat Dan Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan

Meskipun alang-alang merupakan jenis tumbuhan semacam rumput liar, namun memiliki khasiat Khasiat Dan Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Untuk kesempatan kali ini, kami akan memberikan  informasi menarik seputar kesehatan yang akan meliputi “khasiat dan manfaat alang-alang untuk kesehatan“.

Khasiat Dan Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan | Alang-alang (Imperata cylindrica) atau sering juga kita menyebutnya ilalang, merupakan jenis tumbuhan semacam rumput liar yang mudah tumbuh di berbagai tempat atau lahan kosong dengan intensitas cahaya matahari yang cukup melimpah. Benih-benihnya yang tersebar bersama hembusan angin membuat proses perkembangbiakan alang-alang sangat cepat. Oleh karena itu, tumbuhan ini cukup mudah ditemukan, karena sering tumbuh secara liar di tempat terbuka dan sering terkena sinar matahari, misalnya di pinggir jalan, area persawahan, bekas hutan yang rusak, atau tanah kosong yang tidak difungsikan.

Di sektor pertanian, ilalang dianggap sebagai gulma yang merugikan dan kehadirannya tidak begitu diinginkan oleh para petani karena bisa mengakibatkan turunnya hasil tanaman produksi. Dalam dunia kesehatan justru alang-alang dijadikan sebagai bahan pembuatan obat-obatan tradisional karena beberapa senyawa bermanfaat yang terkandung didalamnya. Dari beberapa referensi yang kami baca, contoh paling umum pemanfaatan ilalang untuk kesehatan yaitu digunakan sebagai obat peluruh air kencing.

Berikut ini sebutan alang-alang di beberapa daerah di Indonesia: Ki Eurih (Sunda), Alang-alang (Jawa), Lalang (Madura), Rih (Batak), Alalang (Minangkabau), Lioh (Lampung), Neleleng laku (Aceh), Kalepip (Kalana), Re (Sasak), Re (Sumbawa), Atindalo (Bima), reya (Sulsel), eri, weri, weli (Ambon dan Seram), kusu-kusu (Menado, Ternate dan Tidore), nguusu (Halmahera), wusu, wutsu (Sumba), Witu (Sumba), rii / kii / ki (Flores), rih (Batak), dan masih banyak lagi.

Kandungan Senyawa Pada Alang-alang

Dari hasil penelitian para ahli di Jepang membuktikan, dalam rimpang ilalang terkandung imperanene yang mempunyai efek menghambat sel pembeku darah (agregasi trombosit). Efek menghambat agregasi trombosit ini sama dengan efek yang dihasilkan oleh asetosal / aspirin (asam asetil salisilat) yang digunakan untuk mencegah pembekuan darah pada penderita infark jantung (serangan jantung). Bahan lain yang terkandung dalam alang-alang yaitu Cylendrene ( berfungsi sebagai penghambat kontraksi pembuluh darah pada otot polos, sehingga sirkulasi darah tetap lancar) dan Graminone B (berfungsi untuk menghambat penyempitan pembuluh darah aorta).

Khasiat Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan Sebagai Pengobatan Tradisional

Berbagai kandungan kimia baik pada alang-alang menghasilkan rasa sejuk seperti yang dirasakan pada manfaat ketimun ataupun manfaat semangka. Kandungan-kandungannya membentuk semacam antipiretik yang dapat menurunkan panas. Selain itu memiliki sifat diuretic yang meluruhkan kemih dan dapat menghilangkan rasa haus. Sifat bahan kiianya yang menyejukkan membuat alang-alang dijadikan bahan pembuatan minuman pereda panas dalam dalam kemasan.

1. Meredakan Panas Dalam

Alang-alang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengambil umbi akar alang-alang secukupnya. Caranya :

  • Cuci umbi akar alang-alang terlebih dulu sampai bersih
  • Jemur di bawah panas matahari atau di oven sampai kering
  • Bila sudah kering tumbuk umbi akar tersebut hingga menjadi bubuk
  • Bubuk alang-alang bisa disedu dengan air panas dan dinikmati dengan tambahan manfaat madu secukupnya sebagai perasa.

2. Mengatasi Sakit Ginjal

Akar alang-alang ampuh untuk mengatasi sakit ginjal. Seperti yang sudah diketahui sakit ginjal jika tidak segera diobati dengan benar bisa menyebabkan komplikasi. Caranya :

  • Siapkan 120 gram akar alang-alang segar
  • Cuci bersih akar tersebut lalu rebus dalam 3 gelas air
  • Biarkan sampai mendidih dan air rebusan tersisa 1 gelas saja
  • Air rebusan akar alang-alang ini baik diminum rutin 2 kali sehari setiap pagi dan sore
  • Alang-alang memang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan ringan sampai berat.

3. Mengobati Mimisan

Umumnya masyarakat mengenal manfaat sirih sebagai obat alami mimisan. Akan tetapi, akar alang-alang dapat digunakan sebagai pengobatan mimisan. Caranya :

  • Siapkan akar alang-alang yang masih segar secukupnya
  • Cuci bersih dan pastikan tidak ada sisa kotoran atau tanah yang masih menempel
  • Tumbuk akar alang-alang segar lalu peras untuk mendapatkan sarinya
  • Kumpulkan sari akar alang-alang kurang lebih 100 cc, bila sudah bisa langsung diminum.

4. Mengobati Kencing Darah

Kencing darah adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyiksa bagi penderitanya. Oleh sebab itu, perlu segera dilakukan upaya untuk mengobati kencing manis ini. Caranya cukup mudah :

  • Siapkan 100 gram akar alang-alang segar, cuci bersih, lalu potong kecil-kecil
  • Rebus potongan akar alang-alang dengan 2 gelas air. rebus hingga tersisa separuhnya
  • Bila sudah angkat lalu dinginkan rebusan
  • Saring untuk memisahkan air rebusan dan ampas
  • Air rebusan akar alang-alang ini baik diminum 2 kali sehari secara rutin.

5. Obat Muntah Darah

Akar alang-alang efektif pula sebagai obat muntah darah. Caranya :

  • Coba ambil akar alang-alang sekitar 30 sampai 60 gram, cuci bersih, lalu potong-potong
  • Rebus potongan akar alang-alang tersebut dalam 3 gelas air
  • Tunggu sampai air mendidih dan bersisa 1 gelas
  • Bila sudah dinginkan lalu saring untuk memisahkan ampasnya
  • Air rebusan alang-alang ini bisa diminum setelah dingin.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai khasiat manfaat alang-alang untuk kesehatan, semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya..

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca Juga : Ramuan Alami Untuk Keputihan Abnormal | Makanan Sehat Untuk Membersihkan Paru-paru

Khasiat Dan Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *