Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Sejuta Manfaat dan Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan

Lada hitam tak hanya sebagai bumbu saja, karena ternyata dibalik itu banyak yang belum kita ketahui mengenai Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan.

Selamat datang di http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi green world terbesar dan terpercaya di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kesehatan yang akan mengutip seputar Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan. Selama ini kita mengenal lada hitam sebagai bumbu masakan. Namun ternyata lada hitam juga memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sebelum membahas lebih lanjut akan khasiat lada hitam bagi kesehatan, ada baiknya anda mengetahui sedikit mengenai apa itu lada hitam, jenis-jenis lada dan kandungan yang dimilikinya .

Apa Yang Dimaksud Dengan Lada Hitam?

Khasiat Lada Hitam Bagi KesehatanLada hitam (Piper nigrum) berasal dari pohon lada yang bisa tumbuh di iklim tropis. Tanamannya sebenarnya merambat dan memiliki bunga berwarna putih dengan biji-biji kecil yang disebut dengan peppercorn. Kumpulan dari peppercorn itu kemudian disebut dengan biji lada hitam.

Dari sisi kesehatan, studi terbaru telah membuktikan bahwa lada hitam baik bagi saluran pencernaan. Lebih dari sekadar bumbu dapur, lada hitam ampuh merangsang sekresi dan meningkatkan kinerja pencernaan. Sebab rasa lada hitam memicu produksi asam klorida dalam lambung. Asam klorida tersebut kemudian memecah protein dan memperbaiki proses pencernaan.

Seperti yang dilansir dari India Times (09/06), selain baik bagi pencernaan lada hitam juga mengandung antioksidan yang memerangi pertumbuhan bakteri jahat, terutama pada saluran usus. Tarakhir, lada hitam juga ampuh menurunkan berat badan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan lada hitam ke dalam masakan Anda untuk merasakan sensasi rasa yang berbeda dan khasiatnya bagi tubuh Anda.

Kandungan kimia dalam lada hitam adalah saponin, flavonoida, minyak atsiri, kavisin, resin, zat putih telur, amilum, piperine, piperiline, piperoleine, poperanine, piperonal, dihdrokarveol, kanyo-fillene oksida, kariptone, tran piocarrol, dan minyak lada. Sifat kimiawi lada adalah pedas dan beraroma sangat khas.

Para peneliti dari sebuah lembaga penelitian di London ( King’s College London) telah melakukankan penelitian dan membuktikan manfaat dari lada hitam, kandungan piperine yang terdapat didalam lada hitam ternyata selain memberikan rasa pedas, hasil sintesis akan membantu menstimulasi pigmentasi kulit pada penderita vitiligo.

Piperine sangat efektif bila dikombinasikan dengan fototerapi yang menggunakan radiasi ultraviolet.” Dalam studi ini menyebutkan perawatan piperine akan menstimulasi pigmentasi kulit,” kata Fotobiologis dari King’s College London Antony Young sepeerti yang dipublikasikan British Journal of Dermatology.

Jenis Jenis Lada Yang Perlu Anda Ketahui

Lada yang memiliki nama ilmiah Capsicum frutescens L, Capsicum annuum L dari keluarga Solanaceae. Nama-nama umum seperti lada Istilah umumnya digunakan untuk varietas ringan, sedangkan cabai digunakan untuk varietas pedas. Namun tahukah anda banyak fakta dibalik Lada? Mari kita simak.

  • Lada hitam, dari lada yang tak terlalu tua. Lada ini dipetik kemudian dikeringkan bersamaan dengan kulit. Sehingga membuat permukaan lada ini bekeriput. Biasanya ditemukan dalam bentuk butiran maupun halus. Manfaat lada hitam akan kita ulas di sini.
  • Lada putih, dari lada berusia tua lalu dikupas dan dikeringkan kulitnya. Dengan menyangrainya¬†akan membuat aroma lebih tajam. Rasanya yang pedas sangat khas. Dijual dalam bentuk utuh maupun halus.
  • Lada hijau, dipetik saat masih muda. Warnanya masih kehijauan. Dijual dalam bentuk kering maupun segar juga dalam rendaman larutan bumbu.
  • Lada merah, memiliki rasa tidak pedas dan lebih manis. Dijual dalam bentuk kering maupun seg

Kandungan Yang Dimiliki Lada Hitam

Lada hitam mengandung piperin dan juga amina alkaloid yang memberikan rasa pedas pada lada saat dikonsumsi. Kandungan tersebut diyakini dapat meningkatkan sekresi enzim sistem pencernaan. Piperin dalam lada hitam berguna sebagai anti-depresan dan meningkatkan produksi endomorphins untuk otak dan dapat mengurangi rasa sakit dan menjaga kesehatan mental.

Lada hitam jika dimakan biasanya akan membuat tubuh berkeringat. Proses ini secara tidak langsung dapat membantu mengeluarkan racun tubuh melalui keringat dan berkemih. Kandungan antioksidan dalam lada hitam cukup tinggi dan dapat mencegah radikal bebas.  Hal ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda agar tidak gampang terkena penyakit. Lada hitam juga mengandung vitamin A, vitamin C, lycopene, karoten, cryptixanthin, dan zea-xanthin.

Berikut Ini Manfaat dan Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Anda

  • Dapat mencegah kanker

Lada dapat membantu mencegah kanker, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Michigan Pusat Kanker, lada hitam dapat mencegah perkembangan tumor kanker payudara. Mereka menemukan bahwa kandungan piperine dalam lada hitam memberikan peran penting dalam mencegah kanker. Kemudian bila dikombinasikan dengan kunyit yang memiliki sifat antikanker maka akan menhasilkan efek yang semakin tinggi.

  • Kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh

Lada hitam juga mengandung Vitamin C, Vitamin A, flavonoid, karoten dan anti oksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dan melindungi tubuh dari kanker dan penyakit. Studi-studi lain juga menyarankan khasiat lada ini dalam mengulur perkembangan kanker kulit, kanker usus dan kanker usus besar. Cara mengkonsumsinya adalah dengan menambahkan satu sendok teh bubuk merica kedalam makanan sehari sekali. Akan lebih baik jika dalam mengkonsumsi lada adalah lada yang baru digiling.

  • Membantu proses sistem pencernaan

Lada hitam membantu dalam pencernaan karena isi piperine dari lada hitam merangsang selera untuk sinyal dari perut agar dapat memproduksi asam klorida lebih. Asam ini adalah asam yang sangat penting untuk mencerna protein dan makanan lainnya yang telah berada di dalam perut. Ketika ada makaan yang tidak tercerna dengan baik maka akan menyebabkan perut kembung, gangguan pencernaan, diare, sembelit dan keasaman pada tubuh. Asam klorida yang mengalami kelebihan akan disekresikan dalam membantu mencegah kondisi tesebut. Dalam membantu pencernaan, tambahkan satu sendok makan (tergantung pada jumlah porsi makanan yang sedang dipersiapkan) segar merica bubuk tanah untuk makan, saat memasak. Ini akan menambah cita rasa pada hidangan dan menjaga perut agar tetap sehat.

  • Dapat menurunkan berat badan

Lada hitam dapat membantu menurunkan berat badan karena lada hitam dapat membantu asimilasi yang tepat (dalam mengekstraksi semua nutrisi) makanan. Selain itu, lapisan luarnya yang mengandung fitonutrien yang kuat dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak. Hal ini juga menyebabkan keringat dan buang air kecil, hal sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semua kegiatan ini secara kolektif akan membantu dalam penurunan berat badan. Untuk penurunan berat badan yang efektif, hanya taburi merica atas makanan. Namun jangan makan terlalu banyak.

  • Mengatasi Anorexia

Anorexia adalah gangguan makan yang ditandai dengan pembatasan nafsu makan karena keinginan menghindari kenaikan berat badan. Anorexia biasanya ditemukan pada wanita dibanding pria. Nah untuk Anda yang menderita anorexia ringan, lada hitam dapat membantu mengatasinya. Lada hitam dapat membantu Anda untuk mendapatkan kembali selera makan yang sempat hilang karena lada hitam memiliki kandungan yang dapat merangsang nafsu makan.

  • Menyembuhkan Luka

Manfaat kesehatan lain yang menakjubkan dari lada hitam adalah dapat menyembuhkan luka. Saat Anda terkena luka seperti goresan pisau, taburkan taburkan lada hitam di atas luka atau goresan tersebut. Ini akan membantu menghentikan pendarahan dan dapat membunuh kuman dalam luka.

  • Meredakan Flu

Untuk Anda yang sedang menderita flu, saat yang tepat untuk menambahkan lebih banyak lada hitam pada masakan Anda. Lada hitam akan melancarkan aliran darah di kepala dan melonggarkan saluran pernapasan yang mampet karena flu. Sensasi pedas merica sangat cocok untuk gejala-gejala yang timbul akibat influenza yaitu kepala pusing, mual dan perut yang kembung.

  • Menambah Gairah Seks

Lada hitam ternyata berpotensi sebagai makanan afrodisiak yaitu jenis makanan yang akan membuat gairah seks meningkat. Kandungan piperin dalam lada hitam-lah yang menyebabkannya.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai khasiat lada hitam bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua.. Baca juga artikel kami lainnya : Olahraga Dan Metabolisme Tubuh

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Khasiat Lada Hitam Bagi Kesehatan