Manfaat Buah Biji dan Kulit Rambutan Bagi Kesehatan

Inilah berbagai manfaat buah biji dan kulit rambutan bagi kesehatan yang bisa digunakan untuk pencegah atau pengobatan berbagai penyakit. 

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal , yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi manfaat buah biji dan kulit rambutan bagi kesehatan.

Manfaat buah biji dan kulit rambutan bagi kesehatan | Buah yang satu ini memiliki bentuk yang unik karena berbentuk oval dan memiliki beberapa rambut. Dan dengan bentuknya itulah sehingga buah ini dinamakan buah rambutan. buah yang memiliki nama lain Nephelium lappaceum adalah buah yang berasal dari jenis pohon tropis. Rasanya ada yang manis, adapula asam manis. Buah yang berkerabat dekat dengan leci ini memiliki daging yang berair dan berwarna putih. Rapiah, lebak, dan binjai adalah jenis rambutan yang cukup sering kita jumpai di pasaran. Buah yang masa panen mulai bulan satu ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Buah ini biasanya banyak ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara. Dan banyak dari mereka warga negara di Asia Tenggara memanfaatkan rambutan dalam pengobatan diabetes, hipertensi dan penyakit lainnya. Studi juga telah menemukan bahwa daging buah rambutan, biji dan kulitnya mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid, yang dikenal mampu mengurangi kadar kolesterol. Tak hanya itu, kandungan flavonoid pada rambutan juga bisa memiliki atribut anti-kanker serta anti-inflamasi

Rambutan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, vitamin C dan kalsium. Kulit buahnya mengandung tannin dan saponin. Bijinya mengandung polifenol dan lemak, kulit batangnya mengandung tannin, flavonida, saponin, zat besi dan pectic substance. Sedangkan daun rambutan mengandung saponin dan tannin. Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat sebagai obat yang tidak ternilai harganya. Menurut kajian pakar tanaman obat setiap 100 gram mengandung 69 kalori, 58 mg vitamin, dan 18,1 gram karbohidrat. Buah rambutan juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100gram berat buah. Dengan banyaknya kandungan di dalam rambutan, akan cocok bagi kesehatan dan bagi orang – orang yang tengah berdiet.

Manfaat Kulit Rambutan

Kulit Rambutan adalah nama buah yang pastinya sudah tidak asing. Lagi. Buah rambutan adalah salah satu buah tropis yang bisa kita temui dengan mudah. Ketika sedang musim, harga nya pun juga tidak mahal. Bahkan, bagi yang memiliki pohonnya sendiri, kita bisa memetik sendiri di kebun. Rambutan memang terdiri dari beberapa macam. Semuanya telah teruji memberikan dampak yang baik bagi kesehatan kita, lalu bagaimana dengan kulit rambutan?

Kulit rambutan juga berguna bagi kita, terutama untuk obat beberapa penyakit. Jika selama ini kita biasa membuang kulit rambutan setelah memakan buahnya. Kini, kita bisa memanfaatkan kulit rambutan untuk dijadikan obat beberapa obat.

-Mengobati Demam
Tidak banyak orang tau bahwa demam bisa diobati dengan kulit rambutan yang biasanya kita buang. Kita bisa menyiapkan kulit rambutan yang sudah kering sebanyak 15 gram. Kemudian, kita bisa rebus kulit rambutan tersebut sampai mendidih, kurang lebih selama 15 menit. Kita biarkan rebusan kulit rambutan tersebut, sampai menjadi dingin terlebih dahulu. Setelah dingin, kita bisa menyaringnya. Kita bisa minum rebusan kulit rambutan yang sudah kita saring tersebut, tiga kali sehari. Untuk sekali minum, kita hanya perlu minum seperempat gelas saja.

-Mengobati Disentri
Kulit rambutan ternyata juga bisa digunakan sebagai obat disentri yang mujarab. Kita bisa ambil sepuluh buah rambutan. Kita bisa makan dulu buahnya dan cuci bersih kulitnya. Selelah itu, kita keringkan kulit rambutan tersebut. Setelah kering, kita bisa memotong kulit rambutan tersebut hingga menjadi beberapa bagian. Kemudian, kita bisa rebus kulit rambutan tersebut. Tunggu rebusan itu sampai julah air yang ada di dalamnya berkurang, hingga tersisa seperempat nya saja. Kita bisa menggunakan air bersih sebanyak tiga gelas. Setelah airnya berkurang menjadi seperempat, lalu bisa kita saring, dan biarkan hingga menjadi dingin. Setelah dingin, kita bisa minum air kulit rambutan tersebut, tiga kali sehari Untuk sekali minum, kita hanya perlu minum seperempat gelas saja.

-Mencegah penuaan dini
Kulit rambutan mengandung beberapa senyawa organik, salah satunya asam galat yang ampuh menangkal paparan radikal bebas pemicu penuaan tanda-tanda penuaan dini.

-Mengatasi kebotakan
Pernahkah Anda berpikir, kenapa buah ini dinamakan rambutan? Ternyata nama tersebut sesuai dengan manfaatnya. Ya, kulit rambutan sangat ampuh membantu mengatasi kebotakan. Caranya cukup menghaluskan kulit rambutan, kemudian campurkan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala, sembari dipijat agar sirkulasi darah lancar dan merangsang pertumbuhan rambut.

-Mengeluarkan Kolestrol Darah
Kulit rambutan memiliki senyawa berkhasiat yang di sebut dengan nama saponin. Senyawa ini adalah senyawa yang berasal dari metabolit sekunder yang terdapat dari tumbuhan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa senyawa ini sangat bermanfaat dalam mengikat kolesterol dalam darah. Jika kita meminum ramuan dari kulit rambutan, maka kolesterol dalam darah kita akan diikat dan ikut terbawa keluar dari dalam tubuh.

-Mengobati Diare
Jika kita kebanyakan makan buah rambutan, sering kali kita akan mengalami sakit mencret atau diare. Namun, tidak banyak orang yang tau bahwa penangkal atau obat dari penyakit diare itu justru ada pada kulit rambutan itu sendiri. Pada kulit rambutan, terdapat senyawa yang disebut dengan nama tannin. Tanin merupakan senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan dan juga sebagai antibakteri terhadap penyakit diare. Jadi, jika kita mengalami sakit diare setelah terlalu banyak makan buah rambutan, kita bisa menggunakan kulitnya sebagai obat yang mujarab.

Manfaat Buah Rambutan

-Diet
Meski mengandung kaya fruktosa dan sukrosa, tetapi buah ini memiliki kalori lebih sedikit. Buah ini, bisa menjadi pilihan yang pas bagi mereka yang tengah berdiet. Setiap 100 gram rambutan mengandung 84 kalori. Jika Anda mengikuti program diet 2.000 kalori, rambutan telah menyumbangkan 4,2 persen kalori harian yang Anda butuhkan. Jumlah kalor yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi karena tergantung pada berat badan, gaya hidup, jenis kelamin, dan usia.

-Makronutrien
Rambutan dikenal sebagai buah yang sangat rendah lemak. Sebagian besar kalori yang dimiliki oleh rambutan berasal dari karbohidrat. Institute of Medicine merekomendasikan 130 gram rambutan untuk konsumsi harian Anda.

-Vitamin
Setiap 100 gram rambutan mengandung sekitar 40 persen dari asupan harian vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, daging rambutan juga mengandung sekitar 1 persen niacin atau biasa dikenal sebagai vitamin B3.

-Mineral
Rambutan sangat kaya akan zat besi, yang dibutuhkan untuk mengontrol kadar oksigen dalam tubuh. Zat besi membantu mencegah kelelahan dan pusing yang disebabkan oleh anemia. Selain itu, daging rambutan juga memenuhi 4,3 persen kebutuhan fosfor harian tubuh. Fosfor membantu menyaring limbah di ginjal, serta diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan semua jaringan dan sel.

Manfaat Biji Rambutan

Biji buah rambutan dapat dijadikan sebagai obat kencing manis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi, Pram Pramono, bahwa ekstrak methanol pada biji rambutan mengandung senyawa falvonoid dan fenolik. Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri dari 5 fenolik (flavonoid) dan 1 fenolik bukan flavonoid. Manfaat dari ekstrak methanol tersebut mempunyai aktivitas hipoglikemik jadi berpotensi membantu pasien yang mengidap diabetes. Selain itu biji rambutan juga dipercaya bisa mengobati sakit pinggang.

Cara Membuat Obat Herbal dari Biji Rambutan

  1. Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang matang.
  2. Pisahkan biji dari daging buahnya, setelah itu silahkan dibersihkan.
  3. Selanjutnya potong menjadi beberapa potongan kecil-kecil dan sangrai dengan api sedang
  4. Setelah berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan, matikan api kemudian tiriskan di dalam wadah, biarkan sampai dingin.
  5. Selanjutnya blender atau tumbuk biji rambutan yang telah disangrai tersebut sampai mendapatkan tekstur yang lembut dan halus.
  6. Setelah itu, sedu bubuk biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut dingin dan air terpisah dari ampasnya.
  7. Minum seduhan tersebut 1-3 kali sehari, 30 menit sebelum makan. Dan apabila mengidap diabetes parah konsumsi lah setiap hari secara rutin.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah biji dan kulit rambutan bagi kesehatan. Nah, setelah mengetahui kegunaan dari kulit rambutan ini, tentunya kita akan bisa memanfaatkan limbah kulit rambutan dengan lebih baik. Meskipun sampah kulit rambutan tidak begitu mengganggu, mereka bisa terurai dengan sendirinya karena mereka adalah sampah organik, akan tetapi, tidak ada salahnya jika kita mencoba mengolah sampak kulit rambutan itu menjadi sesuatu yang lebih berguna. Kita hanya perlu memilih kulit rambutan yang masih segar. Kemudian menjemurnya hingga kering untuk selanjutnya bisa direbus dan diminum airnya.

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Manfaat Konsumsi Ikan Betok Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Biji dan Kulit Rambutan Bagi Kesehatan