Manfaat Konsumsi Ikan Betok Untuk Kesehatan

Sekilas Informasi Seputar Manfaat Konsumsi Ikan Betok Untuk Kesehatan

Apakah anda mengenal jenis ikan betok ? sering mengkonsumsinya? inilah beberapa khasiat dan manfaat konsumsi ikan betok untuk kesehatan.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan yang akan meliputi manfaat konsumsi ikan betok untuk kesehatan.

Manfaat Konsumsi Ikan Betok Untuk KesehatanManfaat konsumsi ikan betok untuk kesehatan | Ikan betok atau yang biasa di sebut dalam bahasa ilmiah sebagai Anabas testudineus merupakan salah satu jenis ikan yang dapat mampu hidup di dalam air keruh dan daerah yang memiliki cuaca exstrim. Ikan betok biasanya memiliki habitat pada daerah rawa,sungai kecil,parit,serta beberapa sawah.sedangkan dalam biologis ikan betok saat dalam air akan bernafas menggunakan ingsang sedangkan saat musim kemarau atau bila ikan betok berada di daratan maka akan bernafas menggunakan labirin,sehingga ikan ini tidak mudah mati saat di daratan.

Betok merupakan ikan asli perairan air tawar Indonesia. Ikan ini termasuk unik secara karakteristiknya yang berbeda dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Ikan Betok memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen di udara. Hal ini dimungkinkan karena ikan ini memiliki organ tubuh bernama labirin yang memungkinkan hal tersebut. Selain itu, ikan betok memiliki kemampuan bertahan hidup manakala terjadi kekeringan dan ikan ini juga dapat bertahan hidup di daratan yakni dapat bertahan di daratan tanpa air lebih dari 12 jam. Oleh karenanya betok mampu bertahan dalam kondisi perairan rawa dengan kandungan oksigen terlarut dan pH yang rendah (asam). Betok juga memiliki kemampuan merayap di daratan dengan menggunakan tutup insangnya yang dapat dimegarkan dan dapat berlaku semacam kaki yang dapat berjalan.

Secara morfologi ikan betok memiliki ukuran tubuh kecil, panjang hingga sekitar 25 cm, namun kebanyakan lebih kecil. Berkepala besar dan bersisik keras kaku. Sisi atas tubuh (dorsal) gelap kehitaman agak kecoklatan atau kehijauan. Sisi samping (lateral) kekuningan, terutama di sebelah bawah, dengan garis-garis gelap melintang yang samar dan tak beraturan. Sebuah bintik hitam (terkadang tak jelas kelihatan) terdapat di ujung belakang tutup insang. Sisi belakang tutup insang bergerigi tajam seperti duri.

Berdasarkan analisis kebiasaan makanan diketahui bahwa ikan betok mengkonsumsi delapan kelompok makanan yaitu insekta, ikan, crustasea, serasah, Bacillariophyceae, Chlorophyceae, Cyanophyceae, dan organisme yang tidak teridentifikasi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ikan betok merupakan ikan omnivora dengan makanan utamanya adalah insekta. Hasil analisis luas relung dan tumpan tindih relung makanan menunjukkan bahwa ikan betok jantan lebih generalis dibandingkan dengan ikan betina sehingga persaingan terhadap makanan lebih potensial terjadi pada ikan betok betina.

Ikan betok banyak ditemui di perairan Indonesia. Biasanya ikan ini di alam dapat dijumpai di perairan berawa, sawah irigasi, sungai dan parit-parit. Ikan ini menyebar luas di perairan tawar Indonesia terutama di daerah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Ikan betok sendiri terdiri dari dua jenis yaitu jenis betok hijau dan betok kuning.

Ikan betok yang menyebar luas ini menyebabkan banyaknya nama lain berdasarkan daerahnya. Di Kalimantan terutama di daerah Banjar, dan pesisir Kalimantan Tengah menyebut ikan ini dengan nama ikan papuyu. Terdapat pula sebagian masyarakat yang menyebutnya dengan nama wadi papuyu. Sementara orang jawa mengenalnya dengan nama bethok atau bethik. Dalam bahasa inggrid ikan ini dikenal dengan nama climbing gouramy atau climbing perch, merujuk pada kemampuannya yang dapat memanjat ke daratan.

Ikan betok sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Harga pasaran ikan betook berada dikisaran yang cukup mahal yakni 20.000 – 40.000 per kilogramnya. Pemenuhan permintaan pasar akan ikan betook masih banyak mengandalkan dari alam. Melihat potensi pasarnya yang masih terbuka dan tidak mungkin terus mengandalkan hasil alam untuk pemenuhan pasar, tentu pembudidayaan adalah salah satu solusinya.

Inilah Manfaat Konsumsi Ikan Betok Untuk Kesehatan

-Baik untuk otot

Ikan betok tak kalah manfaatnya dengan kandungan ikan lainya ,dalam sejumlah penelitian ikan betok di percaya terdapat kadungan protein yang dapat mensuplai kebutuhan harian akan kesehatan kita.manfaat protein sendiri adalah sebagai perkembangan masa otot dan meningkatkan pertumbuhan jaringan otot,memperbaiki otot yang rusak dan mengotrol kadar insulin pada darah.

-Baik untuk proses penyembuhan luka

Kandungan albinum pada ikan gabus memang sudah tidak di ragukan lagi dalam mengobati luka pasca oprasi dan luka kecil.namun taukah anda bahwa kandungan protein pada manfaat ikan lele dan betok juga tak kalah peting dalam menginkatkan penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi.

-Baik untuk otak

Taukah anda bahwa ikan merupakan salah satu pensuplai omega 3 tertinggi.omega tertinggi dapat di katakan terbesar pada ikan salmon dan tuna namun tak sedikit juga kadungan omega 3 tersebut dapat anda temukan di ikan betok ini.manfaat omega 3 mungkin kita semuah sudah tidak asing lagi .salah satu manfaatnya adalah meningkatkan fungsi otak dan menjaga otak lebih baik lagi.

-Zat besi

Taukah anda bahwa ikan betok memiliki kandungan zat besi.zat besi pada ikan betok tertingga terdapat pada tulang dan daging .manfaat zat besi adalah sebagai penungjang pertumbuhan tulang dan menjaga tulang dari penyakit tulang seperti osteoporosit.

Ciri-ciri tubuh

Betok merupakan ikan yang berukuran kecil. Panjang ikan ini sekitar 25 cm. Memiliki kepala yang besar, tubuh gemuk memanjang dengan sisik yang keras dan kaku. Sisi atas tubuh(dorsal) gelap kehitaman agak kecoklatan atau kehijauan. Sisi samping(lateral) kekuningan, terutama di bagian perut dengan garis-garis gelap melintang yang samar dan tidak beraturan. Sebuah bintik hitam kadang tak jelas kelihatan terdapat di ujung belakang tutup insang. Sisi belakang tutup insang dan sirip punggung bergerigi tajam seperti duri.

Perilaku

Ikan betok sering dijumpai bergerombol dan berada di permukaan air. Betok bernapas melalui insang. Akan tetapi ikan ini memiliki keunikan. Seperti jika sedang musim kemarau dan sungai tempat tinggalnya mengering ikan ini akan keluar dengan merayap naik ke daratan untuk menemukan habitat baru yang masih berair. Betok mampu bertahan beberapa jam saja di daratan untuk menemukan sungai baru. Betok mampu bertahan lama di daratan karena ia memiliki organ yang sama seperti ikan lele dan gabus yaitu Organ Labirin di kepalanya, yang memungkinkan ikan betok mengambil oksigen langsung dari udara. Betok mampu merayap naik kedaratan dengan menggunakan tutup insang yang dapat dimekarkan dan bertindak sebagai ‘kaki depan’.

Makanan

Seperti pada ikan umumnya, betok merupakan karnivora. Makanan yang disukainya adalah serangga, cacing, hewan-hewan air yang berukuran kecil dan juga kroto(larva semut rangrang). Biasanya masyarakat memancing ikan ini menggunakan umpan cacing atau kroto. Dan kadang pula ada yang memberi rempah roti disekitar area memancing untuk mengundang kedatangan ikan betok.

Itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat konsumsi ikan betok untuk kesehatan, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus udpate setiap harinya.

Baca juga : Obat Herbal Haid Tidak Lancar

Manfaat Konsumsi Ikan Betok Untuk Kesehatan