Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu, makanan olahan dari kacang kedelai yang kaya akan protein.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik Alfian Herbal, kami merupakan Agen Resmi Green World pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan bagi anda yang suka makan Tahu, karena saat ini kami akan memberikan sedikit informasi seputar Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tahu merupakan makanan dari olahan kacang kedelai yang sangat kaya akan protein, sedangkan Protein sendiri mempunyai banyak sekali fungsi di tubuh kita. Pada dasarnya protein menunjang keberadaan setiap sel tubuh, proses kekebalan tubuh. Penasaran dengan berbagai Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu? Simak ulasan berikut sampai dengan tuntas!.

Manfaat rutin mengkonsumsi tahu-, Siapa tidak kenal dengan tahu? Lauk yang terbuat dari olahan kedelai itu sangatlah umum dikonsumsi oleh masyarakat Tanah Air. Bahkan tahu seakan-akan jadi menu wajib yang kerap ada di meja makan. Tahu bisa di proses jadi beragam type makanan, baik itu digoreng atau dimasak dengan bahan makanan lain. Selain terasa yang lezat, tahu juga mempunyai banyak manfaat yang menyehatkan tubuh. Nah, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu, ada baiknya anda mengetahui sedikit mengenai proses cara pembuatan tahu, nilai kandungan gizi dari tahu!.

Fakta Unik Mengenai Tahu

Manfaat Rutin Mengkonsumsi TahuTahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu), yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”. Tahu telah dikenal di Tiongkok sejak zaman dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan dinasti Han.

Versi tahu yang dikenal di Jepang adalah tofu. Tofu lebih lunak dan kurang tahan terhadap pengolahan. Tofu dan tahu dibawa para perantau Cina ke seluruh penjuru dunia sehingga menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.

Sedangkan Tahu di Indonesia telah mengalami indigenisasi sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe. Di Kediri tahu kuning menjadi makanan khas. Tahu ini dikenal sebagai tahu takua. Tempat lain yang juga terasosiasi dengan tahu adalah Sumedang (tahu Sumedang).

Cara Pembuatan Tahu

Proses pembuatan tahu dimulai dengan seleksi biji rusak dan pembersihan biji kedelai dari berbagai bahan ikutan seperti kulit buah, pasir dll. Caranya dengan memasukkan biji kedelai ke dalam wadah berisi air. Kotoran dan biji rusak akan mengapung dan langsung dibuang. Sebaliknya bahan ikutan seperti pasir yang lebih berat dari kedelai akan mengumpul di bagian dasar.

Baca juga artikel kami lainnya : 5 Masalah Kesehatan Yang Bisa Diatasi Dengan Makanan

Kandungan Gizi yang terdapat pada Tahu

Tahu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% -98%). Kandungan gizi dalam tahu, memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan. Namun, dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin,  vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (yang bermanfaat mendukung terbentuknya kerangka tulang). Dan paling penting, dengan kandungan sekitar 80% asam lemak tak jenuh tahu tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. Bahkan karena kandungan hidrat arang dan kalorinya yang rendah, tahu merupakan salah satu menu diet rendah kalori.

Berikut Inilah Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

-Kandungan protein tahu yang tinggi

Tubuh manusia membutuhkan protein agar dapat berfungsi dengan baik. Protein tak hanya bisa didapat dari daging, banyak protein nabati yang bisa kita dapat seperti pada tahu. Vegetarian bisa mendapatkan protein dalam jumlah yang tepat tahu, atau produk kedelai dan sayuran lainnya. Juga mengandung asam amino yang dibutuhkan agar kesehatan menjadi optimal. Mengkonsumsi daging merah dapat memiliki implikasi kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Namun dengan mengkonsumsi tahu, kondisi tersebut dapat dihindari.

-Sumber protein untuk penderita asam urat

Penelitian yang dilakukan untuk mempelajari pengaruh tahu menunjukkan bahwa,  tahu adalah sumber protein yang baik,  terutama untuk penderita rematik gout atau memiliki kadar  asam urat yang tinggi. Namun, orang-orang dengan rematik gout tidak boleh mgnkonsumsi tahu secara berlebihan, maupun hasil dari olahan kedelai lainnya.

-Rendah kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu  penyebab penyakit yang terkait jantung. Banyak orang mencoba untuk menghindari jenis makanan berlemak, seperti  minyak goreng dan atau lemak banyak digunakan pada hidangan keluarga. Tahu dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh,  karena tahu akan menyerap minyak goreng dan cairan lain yang terakumulasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki tingkat yang rendah asam lemak jenuh daripada kadar asam lemak tak jenuh. Tahu juga merupakan sumber lesitin dan asam linoleat yang yang baik, yaitu yang membantu metabolisme tubuh dan mengikis  kolesterol yang tersimpan dalam tubuh.

-Mencegah anemia

Manfaat tahu bagi kesehatan termasuk mengurangi resiko anemia. Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang  menyelidiki hubungan antara anemia dan tahu menunjukkan,  bahwa tahu terbukti menurunkan risiko anemia pada golongan orang dewasa.

-Tahu memiliki Sifat antikanker

Tahu mengandung isoflavon yang bermanfaat dalam mengurangi risiko terkena kanker. Penelitian tentang asupan kedelai dan kanker endometrium menunjukka,  bahwa konsumsi  produk seperti tahu yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Studi lain menunjukkan bahwa perempuan pasca-menopause yang menderita kanker paru-paru,  dapat hidup lebih lama dengan memasukkan tahu kedalam diet mereka.

-Tahu bermanfaat baik bagi kardiovaskular

Asupan makanan yang tepat akan memberikan peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi rutin produk kedelai seperti tahu dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh,  sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

-Sumber kalsium

Tahu merupakan sumber kalsium yang baik. Kalisum merupakan bahan kunci untuk pembentukan tulang. Hal ini tidak mudah untuk mendapatkan nutrisi ini atau mineral dalam jumlah yang tepat. Inilah sebabnya mengapa asupan Tahu dianjurkan,  karena memiliki kandungan tinggi kalsium. Kurangnya kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis, efek penuaan lebih cepat karena tulang rapuh dan minim pembentukan tulang baru. Setiap orang rentan terhadap efek penuaan pada beberapa hal dalam hidup mereka,  tetapi efek dari penuaaan ini dapat diperlambat dengan melakukan beberapa langkah, salah satunya adalah dengan memakan Tofu, yaitu yang akan membuat tulang kuat.

-Tahu mengandung banyak zat besi

Zat Besi adalah salah satu zat yang berperan penting dalam memasok oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ini secara tak langsung adalah kegunaan dari hemoglobin, yang bertugas  untuk mengangkut oksigen ke setiap bagian dari tubuh . Hemoglobin ada dalam darah yang terbentuk oleh zat besi yang ada dalam tubuh. Tahu merupakan sumber zat besi yang baik,  dan dengan demikian akan membantu dalam melaksanakan sirkulasi oksigen dalam tubuh.
Memasukkan tahu dalam makanan

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu, mungkin artikel kali ini sangat cocok bagi anda penggemar tahu namun kebanyakan orang merasa tidak berselera terhadap makanan yang bernama tahu ini. Padahal tahu, seperti kedelai atau bahan olahan kedelai lainnya manfaatnya penting bagi kesehatan. Dan kita membutuhkan tahu dalam jumlah cukup setiap hari untuk mendapatkan banyak nutrisi penting didalamnya. Kreatifitas atau cara memasak tahu mungkin bisa dilakukan dengan membuat banyak Inovasi masakan tahu, agar semua anggota keluarga menjadi doyan makan tahu. Semoga bermanfaat..

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Manfaat Rutin Mengkonsumsi Tahu