Jual Obat Herbal Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil Yang Aman Tanpa Efeksamping.

Menyusui Di Malam Hari Lebih Baik Ketimbang Siang Hari

Bunda, walaupun buah hati anda bisa tidur sepanjang malam tanpa gangguan, sebaiknya ibu tetap membangunkannya untuk disusui. Pasalnya, Menyusui Di Malam Hari Lebih Baik Ketimbang Siang Hari. Ini alasannya mengapa menyusui di malam hari itu lebih baik.

Menyusui Di Malam Hari Lebih Baik Ketimbang Siang Hari

Menyusui Di Malam Hari Lebih Baik Ketimbang Siang Hari | Ketika si kecil menangis di malam hari dan merasa haus dan lapar rasanya penuh dilema antara bangun dan menyusui atau meneruskan tidur. Tidak heran jika saat menyusui, keluhan capek dan kurang tidur selalu menjadi hal yang lumrah bagi ibu menyusui. Namun tahukan anda, jika menyusui si kecil di malam hari memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa alasan menyusui di malam hari lebih baik :

  • Kondisi lambung bayi yang masih sangat kecil

Jika cairan itu berupa air susu ibu, proses pencernaannya berlangsung selama satu jam. Sepuluh hari berikutnya, ukuran lambungnya membesar sampai seukuran bola golf dan bisa menampung sekitar 60 ml. Jadi, pola menyusu setiap satu atau dua jam sekali bagi bayi merupakan cara mereka beradaptasi dengan ukuran lambung.

  • Bayi mengonsumsi susui lebih banyak di malam hari

Studi memperlihatkan, 20 persen asupan susu bayi didapat saat malam hari. Untuk bayi yang memiliki berat badan kurang, minum ASI di malam hari bisa membantu meningkatkan asupan kalori dan nutrisi untuk perkembangannya. Sebuah studi menunjukkan bahwa bayi meminum susu lebih banyak di malam hari ketimbang di waktu lain. Atau sekitar 20 persen dari asupan harian mereka didapat dari malam hari. Mayoritas bayi yang diamati dalam studi ini, sebanyak 64 persen menyusu sebanyak tiga kali di malam hari.

Untuk bayi yang kenaikan berat badannya sedikit, menyusu di malam hari akan memberikan kenaikan badan yang signifikan. Lebih banyak menyusu di malam hari, berarti lebih banyak kalori yang masuk dan baik untuk pertumbuhan.

  • Setelah menyusui, bayi bisa tidur lebih nyenyak

ASI mengandung triptopan, sejenis asam amino yang bisa memancing kantuk. Triptopan juga merupakan salah satu bahan pembentuk serotonin, hormon yang mengatur mood dan siklus tidur. Jadi, memberi ASI pada bayi supaya tidur akan membantu membentuk perkembangan otaknya.

Triptofan adalah prekursor serotonin, hormon yang mengatur suasana hati serta siklus tidur. Tidak hanya itu, triptofan juga meningkatkan perkembangan dan fungsi otak. Dengan menyusui di malam hari, Anda tak hanya membantu bayi tidur nyenyak, tetapi juga sedang menyempurnakan otaknya. (Obat Meningitis Herbal)

  • Ibu yang menyusui sebenarnya mendapatkan tidur lebih lama

Dr. Kathleen Kendall-Tackett, psikolog kesehatan dari Amerika, menemukan bahwa ibu menyusui lebih banyak tidur daripada ibu yang memberi susu formula atau makanan campuran.

Bahkan meski bangun di malam hari, ibu menyusui memiliki lebih banyak energi di siang hari –suatu keharusan ketika merawat bayi yang baru lahir. Penelitian lain menemukan rata-rata ibu menyusui mendapatkan 40-45 menit lebih banyak tidur di malam hari, meskipun tidur mereka masih terfragmentasi. Waktu sebanyak itu mungkin terdengar sedikit, tetapi itu memberikan perbedaan signifikan bagi orang yang kurang tidur.

ketika memberi susu formula di malam hari, Anda perlu bangun lalu mempersiapkan botol, air hangat, menakar susu, memegangi botol selagi bayi meminum susu, kemudian membersihkan botol yang kotor –jika tak ada botol cadangan. Jika Anda menyusui, Anda hanya butuh berbaring di sebelah bayi sambil menyusuinya dalam posisi relaks.

  • Produksi prolaktin lebih tinggi di malam hari

Nah, alasan lain adalah bahwa produksi prolaktin lebih tinggi di malam hari. Dengan demikian, menyusui di malam hari akan membuat suplai ASI tetap terjaga, bahkan jadi meningkat.

  • Menjaga suplai ASI

Prolaktin, hormon yang merangsang produksi ASI, memiliki pola harian dengan tingkat produksi tertinggi di malam hari. Jadi, menyusui di malam hari memberikan keuntungan untuk menjaga suplai ASI, juga meningkatkan jumlah produksi ASI di keesokan harinya. Semakin banyak Anda menyusui di malam hari, semakin banyak produksi ASI Anda.

  • Berperan dalam KB alami

Para peneliti berpendapat kadar prolaktin dan menyusui di malam hari menjadi dua faktor yang dapat menekan kembalinya menstruasi pada ibu menyusui. Jika bayi Anda di bawah 6 bulan, menstruasi Anda belum kembali, dan bayi Anda masih belum mengonsumsi apa pun selain ASI, Anda dapat menggunakan metode KB alami sebagai kontrol kelahiran.

  • Melindungi bayi dari sindrom kematian mendadak

Salah satu alasan penting menyusui di malam hari, mengurangi risiko terkena sindrom kematian mendadak. Analisis dari 18 penelitian menunjukkan, risiko kematian bayi mendadak dapat berkurang secara signifikan bagi ibu yang menyusui secara eksklusif dan dengan durasi lama.

  • Siklus sirkadian bayi masih berkembang

Bayi belum memiliki siklus tidur yang teratur layaknya orang dewasa. Selain itu siklus sirkadian yang memengaruhi sistem cerna pun masih berkembang. Andalah yang harus menyesuaikan diri dengan kondisi dan ritme hidup bayi sampai ia memiliki siklus yang normal.

Baca Juga : Makanan Yang Dapat Membantu Ringankan Gejala Menopause

| Menyusui Di Malam Hari Lebih Baik Ketimbang Siang Hari |

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *