Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Wanita Berusia Lanjut

Inilah Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Wanita Berusia Lanjut

Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Wanita Berusia Lanjut  sangat penting karena tingkat harapan hidup meningkat menjadi 80-90 tahun bahkan lebih lama lagi.

Selamat datang di http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi green world, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan seputar Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Wanita Berusia Lanjut.

Nutrisi penting yang dibutuhkan wanita berusia lanjut -, Bagi wanita lanjut usia, kebutuhan akan nutrisi penting penunjang kesehatan di masa senjanya menjadi suatu keharusan. Selain untuk menunjang kesehatan, juga untuk mengurangi risiko penyakit jantung serta penyakit kronis yang lain seperti diabetes, kanker payudara, osteoporosis, maupun tekanan darah tinggi. Maka dari itu penting sekali untuk anda wanita berusia lanjut mengetahui nutrisi penting yang dibutuhkan, seperti apa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh wanita berusia lanjut? simak ulasan berikut sampai tuntas!.

Kebutuhan Gizi Yang Di Butuhkan Oleh Tubuh Wanita Berusia Lanjut

Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Wanita Berusia LanjutKebutuhan gizi yang diperlukan tubuh akan mengalami perubahan ketika usia seseorang semakin bertambah. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang disarankan oleh Helen Rasmussen PhD, seorang ahli diet dari Human Nutrition Research Center on Aging, Tufts University di Boston untuk diberikan kepada orang yang berusia 40 tahun :

> Vitamin B12 yang terkandung dalam makanan

Tubuh memerlukan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah. Protein hewani seperti telur dan daging akan masuk bersamaan dengan vitamin B12. Di dalam suplemen dan sereal yang difortifikasi Anda dapat menemukan vitamin B12, sehingga vitamin B12 ini dapat diserap dengan cepat oleh tubuh. Anda harus mulai mengkonsumsi sereal yang telah difortifikasi sejak usia 50 tahun.

Kekurangan vitamin B12 umumnya terjadi seiring pertambahan usia. Sebagian wanita lanjut usia bisa saja kekurangan asam hidroklorida untuk penyerapan vitaminnya. Mereka yang mengalami hal ini bisa mengalami kelelahan, ingatan melemah, demensia, penurunan berat badan, dan depresi. Untuk itu, disarankan segera mengkonsumsi 2,4 microgram vitamin B12 setiap harinya bagi kelompok wanita lanjut usia. Selain itu, vitamin B12 bisa juga ditemukan pada daging, ikan, susu, ayam, telur, dan sereal. Vitamin B12 yang didapat melalui suntikan juga disarankan Dr. Correa sebagai salah satu solusi terbaik agar tubuh mampu menyerap vitamin.

> Mengkonsumsi pisang

Seiring bertambahnya usia seseorang tekanan darah biasanya akan meningkat. Seseorang harus mengkonsumsi natrium dan menambah konsumsi kalium untuk menghindari resiko terjadinya stroke dan serangan jantung karena tekanan darah yang tinggi. Rasmussen mengatakan bahwa “kebanyakan obat hipertensi cenderung meningkatkan pengeluaran urine sehingga dapat menurunkan kadar natrium dan kalium dalam tubuh. Keduanya penting bagi tubuh tapi kalium lebih diperlukan dari natrium.” Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur seperti brokoli, kentang dan pisang untuk memenuhi kebutuhan kalium.

> Asam folat (Vitamin B9)

Walaupun asam folat kerap dikenal sebagai nutrisi yang penting bagi para ibu hamil, namun asam folat ternyata diperlukan juga bagi wanita lanjut usia. Asam folat atau vitamin B9 adalah vitamin B complex yang penting untuk membantu pembentukan sel darah merah. Tanda rendahnya kadar asam folat adalah anemia, merasa kelelahan, berat badan menurun, sakit kepala serta kadar asam amino darah tinggi.

Menurut Journal of the American Medical Association di tahun 2005 silam, ada fakta bahwa wanita yang sering mengonsumsi asam folat mampu mencegah resiko meningkatnya tekanan darah. Jika anda ingin terhindar dari resiko tersebut, maka sebaiknya konsumsilah minimal 400 microgram asam folat setiap harinya. Asam folat dapat dengan mudah ditemukan pada sayuran berdaun hijau, labu, jeruk, buah, minyak zaitun ataupun kacang-kacangan.

> Mengkonsumsi banyak air putih

Rasa haus yang dirasakan akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Untuk membuat Anda merasa dehidrasi, dapat digunakan obat-obatan seperti antihistamin dan obat penurun tekanan darah.

Kebutuhan cairan dalam tubuh seseorang juga harus terpenuhi ketika menggunakan obat-obatan tersebut, jadi harus minum air putih lebih banyak. Faktor utama terjadinya kematian pada orang lanjut usia adalah dehidrasi.

The Institute of Medicine menyatakan bahwa sebanyak 9 gelas atau 2,2 liter air putih dalam sehari harus dikonsumsi oleh perempuan dan sebanyak 13 gelas atau 3 liter air putih dalam sehari harus  dikonsumsi oleh laki-laki. Teh, kopi dan alcohol adalah beberapa minuman yang harus Anda kurangi konsumsinya.

> Asupan kalsium diperbanyak

Susu dan beberapa produk susu lainnya adalah sumber terbaik untuk mendapatkan kalsium yang baik untuk tulang. Para ahli mengatakan bahwa karena kadar laktorsa dalam tubuh menurun maka orang yang berusia lanjut lebih memerlukan banyak kalsium.

Sebanyak 1.000 mg kalsium per hari harus dikonsumsi oleh orang dewasa dan saat seorang wanita berusia diatas 50 tahun dan seorang pria berusia diatas 70 tahun maka kadar kalsium harus ditingkatkan hingga mencapai 1.200 mg.

> Vitamin D

Kekurangan vitamin D mampu menyebabkan tulang menjadi rapuh atau terkena osteoporosis. Menurut penelitian, mengonsumsi vitamin D dengan dosis tinggi mampu membantu menurunkan resiko patah tulang pinggul sebanyak 30 persen pada wanita yang sudah berumur. Terdapat 3 cara untuk bisa mendapatkan vitamin D, yaitu dari kulit, vitamin serta suplemen vitamin. Kulit wanita berumur memang memiliki tingkat produksi vitamin D yang rendah terhadap paparan sinar ultraviolet. Akan tetapi hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi 8 ons susu rendah lemak minimal 4 porsi per hari.

Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi  tidak terlalu banyak, sebaiknya diganti dengan multivitamin berupa yoghurt rendah lemak atau keju keras yang kaya akan kandungan vitamin D. Anda juga bisa mengkonsumsi kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi vitamin D dapat membantu tubuh dengan mudah menyerap kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

> Penglihatan dengan lutein

Gangguan penglihatan banyak dialami oleh orang pada usia tua. Asupan lutein perlu ditingkatka pada usia pertengahan untuk menjaga agar mata tidak rabun atau katarak.

Menurut para peneliti, untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif, Anda harus mengkonsumsi nutrisi yang berasal dari beta-carotene dan vitamin A. Kuning telur, brokolo, bayam, jeruk dan anggur adalah beberapa sumber leutin yang baik.

> Makanan berserat dikonsumsi

Sayur, buah-buahan dan kacang-kacangan adalah sumber dari serat. Kelancaran proses pencernaan dibantu dapat dibantu dengan makanan berserat. Untuk usus dan dapat menurunkan resiko peradangan gastrointestinal, asupan serat sangatlah penting untuk dikonsumsi. Selain itu, untuk menurunkan gula darah dan kolesterol, serat juga dibutuhkan.

> Makanan berlemak dikurangi

Makanan yang mengandung lemak jenuh sebaiknya Anda hindari. Anda dapat memulainya dengan mengkonsumsi kedelai dan susu yang rendah lemak.

> Karbohidrat yang tidak sehat dibatasi

Sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang tidak sehat jika Anda ingin menjaga berat badan yang sehat dan memelihara pankreas. Gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi fungsi hormon Insulin dalam tubuh.

Roti tawar, yang merupakan karbohidrat olahan kadar serat dan vitamin yang rendah. Cobalah mengkonsumsi buah-buahan untuk memenuhi asupan karbohidrat secara sehat.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Wanita Berusia Lanjut, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam menutrisi tubuh dengan baik. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga artikel kami selanjutnya : Cara Mencegah Anak Obesitas

Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Wanita Berusia Lanjut