Olahraga Dan Metabolisme Tubuh

Informasi Seputar Olahraga Dan Metabolisme Tubuh

Selamat menyimak artikel kami yang akan mengutip seputar Olahraga dan Metabolisme tubuh.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang kesehatan yang akan mengutip seputar Olahraga Dan Metabolisme Tubuh.

Kita sudah lama mengetahui kata olahraga. Mungkin kita juga pernah melakukan olahraga. Bahkan, bisa jadi olahraga menjadi kegiatan yang mengisi aktivitas kita sehari-hari. Kita juga tahu bahwa ada hubungan yang erat antara olahraga dan metabolisme tubuh kita. Namun, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa itu olahraga? Serta bagaimana kaitannya dengan metabolisme tubuh?

Berikut Ini Informasi Seputar Olahraga dan Kaitannya Dengan Metabolisme Tubuh

Olahraga Dan Metabolisme TubuhMenurut Renstrom & Roux 1988, dalam A.S.Watson : Children in Sport dalam Bloomfield,J, Fricker P.A. and Fitch,K.D., 1992 Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan, Olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodik; artinya Olahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan, tidak dapat ditinggalkan. Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani dan sosial. Struktur anatomis-anthropometris dan fungsi fisiologisnya, stabilitas emosional dan kecerdasan intelektualnya maupun kemampuannya bersosialisasi dengan lingkungannya nyata lebih unggul pada siswa-siswa yang aktif mengikuti kegiatan Penjas-Or dari pada siswa-siswa yang tidak aktif mengikuti Penjas-Or.

-Olahraga dari segi sosial:
Kegiatan olahraga dapat menjadi alasan timbulnya interaksi antara manusia dari berbagai latarbelakang, berbagai ras dan berbagai Negara. Terlebih kegiatan olahraga yg dilakukan secara berkelompok atau beregu dalam sebuah kompetisi.

-Olahraga dari segi ekonomi:
Kegiatan olahraga dapat menjadi pengangkat ekonomi seseorang, bahkan juga Negara. Seorang atlet yg sukses bahkan bias menjadikan kegiatan olahraga yg ditekuninya menjadi sumber penghasilan, seperti menjadi seorang pelatih. Selain itu, produsen berbagai peralatan dan perlengkapan olahraga juga dapat memperoleh keuntungan dari kegiatan suatu olahraga.

-Olahraga dari segi politik:
Olahraga dapat mempererat hubungan politik dari berbagai Negara dengan diselenggarakannya pertandingan perhelatan antar Negara. Misalnya SEA Games dan Piala Dunia, sebuah event yg bertujan mempererat hubungan politik Negara-negara di wilayah tersebut.

Di dalam ensiklopedia Indonesia, olahraga diartikan sebagai gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan. Sementara itu, di dalam Webster’s New Collegiate Dictionary (1980), olahraga merupakan keikutsertaan dalam aktivitas fisik untuk mendapatkan kesenangan dan aktivitas khusus seperti berburu atau dalam olahraga pertandingan.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

-Mengurangi risiko berbagai penyakit
Olahraga mampu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit. Berolahraga secara rutin dapat menjaga Anda dari penyakit. Jika Anda menderita penyakit tersebut, olahraga juga dapat menjaga agar penyakit tak bertambah parah, tentu dengan diawasi oleh tenaga ahli agar sesuai kemampuan.

-Mengurangi stres
Berolahraga mampu membuat bahan kimia yang ada pada otak Anda menjadi lebih rileks dan merasa bahagia. Olahraga teratur juga akan membuat Anda lebih bugar dan lebih percaya diri sehingga terhindar dari depresi.

-Menjaga berat badan
Berat badan adalah masalah besar terutama untuk mereka yang sibuk bekerja dan malas berolahraga. Olahraga mampu membakar timbunan lemak pada tubuh. Jika Anda berolahraga secara teratur dan menjaga asupan makanan agar tak terlalu banyak lemak, maka berat badan Anda akan selalu terjaga.

-Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Olahraga yang dilakukan dengan teratur, akan meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh di mana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

-Meningkatkan Fungsi Otak
Keteraturan dalam berolahraga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Dengan olahraga, jumlah oksigen di dalam darah akan meningkat sehingga memperlancar aliran darah menuju otak. Hal tersebutlah yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak.

-Membuat tidur nyenyak
Olahraga selain membakar lemak anda juga membuat anda lelap tidur. Alasannya setelah kegiatan fisik, kelelahan setelah itu akan membuat Anda lebih lelap tidur. Jika Anda tidur dengan nyenyak maka konsentarsi akan terjaga dan tubuh akan menjadi bugar.

Saat berolahraga tubuh menghasilkan energi. Untuk menghasilkan energi tersebut ada dua simpanan energi utama yang digunakan yaitu simpanan karbohidrat dan simpanan lemak. Tubuh kita memiliki simpanan karbohidrat dengan jumlah yang tidak banyak yaitu sekitar 0,5 kg. Simpanan karbohidrat tersebut berbentuk glikogen otot, glikogen hati, dan glukosa darah. Sementara simpanan karbohidrat jumlahnya terbatas, simpanan lemak jumlahnya banyak. Simpanan lemak berada di dalam jaringan adipose dan di dalam otot sebagai triasilgliserol.

Ada dua proses metabolisme di dalam tubuh saat proses produksi energi. Dua proses tersebut yaitu metabolisme aerobik dan metabolisme anaerobik. Metabolisme aerobik yaitu metabolisme energi pembakaran lemak dan karbohidrat dengan kehadiran oksigen (O2). Oksigen tersebut muncul melalui proses pernafasan. Sementara itu, metabolisme anaerobik merupakan metabolisme dengan tanoa kehadiran oksigen (O2).

Energi yang disediakan melalui metabolisme energi secara aerobik cenderung tersedia dalam jangka waktu yang panjang bagi tubuh. Sebaliknya, metabolisme energi secara anaerobik cenderung waktunya pendek bagi tubuh. Jangka waktu energi tersedia bagi tubuh kira-kira 5-10 detik.

Metabolisme energi secara aerobik merupakan proses yang tidak menghasilkan produk sampingan sehingga lebih bersih jika dibandingkan dengan metabolisme energi secara anaerobik yang menghasilkan asam laktan. Produk sampingan berupa asam laktat itu membatasi efektivitas kontraksi otot sehingga menimbulkan rasa nyeri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa olahraga sangat mempengaruhi metabolisme tubuh dan memberikan dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif.

Fakta tentang Metabolisme

1. Metabolisme Anda sangat dipengaruhi oleh komposisi tubuh Anda. Orang-orang dengan massa otot lebih besar dan komposisi lemak yang rendah memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi. Dan kebalikannya, orang dengan jumlah sel lemak lebih banyak dan massa otot sedikit akan memiliki tingkat metabolisme yang rendah.

2. Diet tinggi protein dapat meingkatkan laju metabolisme. Beberapa studi telah menunjukan bahwa tubuh memerlukan energi lebih banyak dalam diet tinggi protein. Artinya bahwa ketika tubuh Anda berada dalam diet tinggi protein, tingkat metabolisme Anda akan meningkat.

3. Pria memiliki kecenderungan untuk memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi dari wanita karena wanita memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menyimpan jaringan lemak.

4. Metabolisme merupakan mekanisme tubuh unutk mengubah dan menggunakan energi ( yang berasal dari makanan ). Hal in termasuk bernafas, proses mencerna makanan, pembentukan otot-otot, penyimpanan lemak, sirkulasi darah, dan hal-hal lain yang merupakan bagian dari proses kerja tubuh untuk mengubah energi sumber tenaga. Metabolisme terbagi menjadi dua, yaitu reaksi “anabolik” yang merupakan proses pembangunan struktur sel dan penyimpanan energi; dan reaksi “katabolik” yang merupakan penguraian molekul menjadi energi.

5. Metabolisme (metabolism) terkadang disamakan dengan tingkat laju metabolisme (metabolic rate). Tingkat laju metabolisme merupakan kecepatan dari metabolisme tubuh, yaitu kecepatan tubuh untuk membakar kalori.

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga artikel kami lainnya : Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Wanita Berusia Lanjut

Olahraga Dan Metabolisme Tubuh