Olahraga Dapat Mencegah Pikun

Informasi Tentang Olahraga Dapat Mencegah Pikun

Mumpung masih muda, rajin-rajinlah berolahraga karena aktivitas itu tak hanya akan membuat anda sehat tapi juga dengan Olahraga Dapat Mencegah Pikun.

Selamat datang di website resmi Distibutor Resmi Green World atau pusat penjualan obat herbal secara online terbesar dan terpercaya di Indonesia. Kami dari pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi seputar Olahraga Dapat Mencegah pikun. Artikel sederhana ini sangat cocok untuk anda yang sering malas-malasan untuk berolahraga khususnya para remaja, simak artikel berikut agar bisa memotivasi anda untuk rajin berolahraga!.

Olahraga dapat mencegah pikun | Sebuah studi baru menyatakan bahwa mempertahankan gaya hidup aktif sejak kecil akan bermanfaat bagi kesehatan otaknya saat usianya sudah senja. Otak mengkerut seiring bertambahnya usia dan hippocampus, penghubung ingatan dalam otak dalam keadaan bahaya alias bisa terkena pikun. Namun olahraga bisa mencegah pikun.

Sekilas mengenai olahraga dapat mencegah pikun

Pikun adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok gejala yang terdiri dari kehilangan ingatan, gangguan penilaian, disorientasi dan perubahan tingkah laku, yang cukup akut untuk mengakibatkan kehilangan fungsi. Dalam dunia medis, pikun dikenal juga dengan istilah dimensia.

Meskipun kebanyakan orang yang lansia (lanjut usia atau orang tua) lebih rentan mengalami kepikunan, namun pikun bukanlah bagian dari proses penuaan secara normal. Pikun terjadi karena akibat dari adanya menurunnya fungsi otak, yang pada akhirnya mempengaruhi kegiatan sosial atau aktivitas keseharian. Jadi, bukan tidak mungkin bila orang yang masih muda pun bisa mengalami pikun.

Banyak berbagai cara untuk mencegah pikun dimasa muda salah satunya dengan berolahraga

Olahraga Dapat Mencegah PikunTim peneliti dari King’s College London menemukan bahwa orang yang rajin berolahraga seumur hidup memiliki skor yang lebih baik saat mengerjakan sebuah tes kognitif saat usianya mencapai 50 tahun dibandingkan rekan-rekan mereka yang gaya hidupnya sedenter atau tak banyak bergerak.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Medicine ini didasarkan pada data dari 9.000 pria dan wanita yang ambil bagian dalam National Child Developmen Study 1958. Partisipan dalam studi ini memberikan laporan mandiri terkait ‘aktivitas fisik mereka di waktu senggang’ atau LTPA (leisure-time physical activity) beberapa kali selama periode studi yaitu ketika partisipan berusia 11, 16, 33, 42, 46 dan 50 tahun.

Kemudian ketika seluruh partisipan menginjak usia 50 tahun, peneliti meminta mereka menjalankan sebuah tes kognitif. Dari situ peneliti menemukan bahwa partisipan yang mengaku melakukan aktivitas fisik sedikitnya empat hari seminggu dalam lima kali survei atau lebih diketahui memiliki skor tes yang lebih baik dibandingkan partisipan yang tidak melaporkan hal serupa.

Bahkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise memperlihatkan rutin berolahraga setiap hari dapat membantu mencegah atrofi otak atau penyusutan otak yang biasanya terjadi bersamaan dengan proses penuaan.

Manfaat olahraga selain dapat mencegah pikun, ada beberapa manfaat positif untuk berbagai macam kesehatan tubuh dengan berolahraga

Manfaat olahraga selama ini sudah diketahui oleh masyarakat umum, namun hanya sedikit sekali manfaat yang diketahui oleh masyarakat sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk tidak melakukan olahraga. Masyarakat yang gemar olahraga adalah masyarakat yang sudah tahu pentingnya olehraga di dalam kehidupan, sayangnya masyarakat yang sibuk bekerja sering mengabaikan pentingnya olahraga. Setiap hari, kita dianjurkan untuk bisa melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit. Kesadaran masyarakat untuk melakukan olahraga masih sangat minim sehingga hanya sedikit saja masyarakat yang gemar melakukan olahraga.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa olahraga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti :

  • Membantu mengontrol berat badan

    Olahraga dapat membantu mencapai berat badan ideal yang sehat. Saat berolahraga kalori akan dibakar, kelebihan lemak tubuh akan diubah menjadi energi, bahkan metabolisme tubuh akan tetap tinggi meskipun kita selesai berolahraga.

  • Olahraga membantu meningkatkan mood

    Sedang sedih atau galau? jangan khawatir karena ada banyak cara untuk meningkatkan mood supaya menjadi lebih baik. Salah satu cara yang efektif adalah dengan berolahraga secara. Luangkan waktu 30 menit untuk berjalan-jalan agak cepat saat mood sedang tidak begitu baik dan perhatikan mood anda setelahnya.

  • Mencegah berbagai penyakit

    Khawatir dengan penyakit jantung? atau ingin mencegah tekanan darah tinggi? Olahraga ringan yang teratur mampu mengendalikan resiko berbagai macam penyakit termasuk penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Olahraga dapat menurunkan LDL, trigliserid dan mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Tidak hanya itu saja olahraga juga dapat mencegah stroke, dibetes tipe 2, sindrom metabolik, kanker dan radang sendi.

  • Meringankan kerja jantung

    Olahraga teratur bisa membuat kinerja jantung menjadi ringan karena dengan olahraga bisa membantu jantung dalam mengalirkan darah atau memompa darah ke seluruh tubuh.

  • Melancarkan aliran darah

    Olahraga bisa membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Alasannya adalah dengan olahraga, otot menjadi lentur terutama otot yang ada di pembuluh darah. Otot yang lentur bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah bisa dialirkan secara lancar ke seluruh tubuh.

  • Meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi

    Bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga seperti berenang dan berbagai macam olahraga lainnya bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Apalagi jika pertumbuhan tersebut ditunjang dengan berbagai macam makanan yang bergizi serta susu berkalsium tinggi. Anak remaja tersebut bisa memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Tidak heran jika anak remaja yang suka berolahraga akan mendapatkan gigi yang sehat dan juga tubuh yang tinggi karena pertumbuhan tulangnya maksimal. Tidak seperti remaja yang malas berolahraga, tulang tidak bisa tumbuh secara maksimal sehingga tubuh akan semakin kesamping sedangkan tulang tidak semakin tumbuh ke atas.

  • Menjaga kepadatan tulang

    Olahraga yang teratur didukung dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium bisa menjaga kepadatan tulang, terutama tulang belakang. Olahraga ringan seperti jogging setiap pagi bisa membuat tulang semakin padat dan kokoh. Itu artinya, jika tulang sehat, padat dan juga kokoh orang yang hobi melakukan olahraga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit tulang. Penyakit tulang yang berbahaya adalah penyakit osteoporosis.

  • Mengurangi stres

    Olahraga dikenal sebagai fungsi dalam meregangkan otot-otot badan, sehigga bisa tercipta tubuh dan otak jadi segar. Dengan memiliki badan dan otak yang segar, bakal menjadikan kau terhindar dari stress dan bisa saja bakal dialami kapanpun itu.

  • Meningkatkan memori

    Produktifitas hippocampus akan meningkat saat kita mengeluarkan keringat. Bagian otak ini berfungsi untuk meningkatkan memori. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga manula dapat mendapatkan manfaat ini.

  • Mengatasi penuaan dini

    Umur yang makin hari makin bertambah bakal bisa menurunkan sebuah perubahan yang ada pada tubuh, seperti kulit keriput atau ini bisa dinamakan penuaan. Buat menghindari penuaan dini maka kamu bisa melaksanakan dengan olahraga dengan cara rutin sehingga produktivitas sel-sel baru terhadap kulit pun bakal terangsang dan kulit dapat kelihatan lebih kencanf dan bebas kerutan.

Yang perlu diperhatikan pada saat berolahraga adalah tidak berlebihan. Seringkali kita terlalu asik saat berolahraga atau memiliki motivasi berlebihan ingin menurunkan berat badan sehingga sampai olahraga berat selama berjam-jam. Jika dibiarkan terus menerus bukannya manfaat yang didapat justru kita bisa mengalami kondisi overtraining dimana tubuh akan kelelahan, daya tahan tubuh turun dan rasa sakit disekujur tubuh.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai olahraga dapat mencegah pikun. Jadi tunggu apalagi? Mari bergerak dan hidupi hari tua dengan kesehatan yang sempurna!. Terimakasih atas kunjungannya semoga artikel yang kami kutip bisa bermanfaat..

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya. Baca juga artikel kami lainnya : Manfaat Masker Madu.

Olahraga Dapat Mencegah Pikun