Jual Obat Herbal Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil Yang Aman Tanpa Efeksamping.

Tips Untuk Mengurangi Nyeri Pada Saat Kontraksi

Saat kontraksi, ibu hamil akan merasa sangat tidak nyaman, degdegan dan khawatir, terutama bagi yang baru pertama melahirkan. Namun nyeri akibat kontraksi ini bisa sedikit dikurangi dengan beberapa cara. Maka dari itu, untuk mengatahui caranya simak Tips Untuk Mengurangi Nyeri Pada Saat Kontraksi dibawah ini

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik Alfian Herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan yang akan meliputi seputar “Tips Untuk Mengurangi Nyeri Pada Saat Kontraksi“. Nah, artikel sederhana ini sangat penting untuk disimak bagi anda yang saat ini yang sedang menghadapi masa kehamilan yang sudah menginjak 9 bulan,  karena satu proses yang akan dihadapi ibu hamil menjelang persalinan adalah kontraksi. Saat-saat kontraksi seperti ini ibu hamil akan merasa sangat tidak nyaman, degdegan, dan khawatir, terutama bagi yang baru pertama melahirkan. Namun, nyeri akibat kontraksi ini bisa sedikit dikurangi dengan beberapa tips untuk mengurangi nyeri kontraksi yang akan kami kutip berikut ini!

Tips Untuk Mengurangi Nyeri Pada Saat Kontraksi

Tips Untuk Mengurangi Nyeri Pada Saat Kontraksi | Kontraksi secara umum dapat dijadikan sebagai tanda bahwa proses persalinan akan dimulai. Perempuan memiliki otot terbesar dalam tubuhnya yaitu rahim. Saat terjadi kontraksi, maka mereganglah otot tersebut. Kondisi tersebut secara alamiah terjadi begitu saja, sama kondisinya ketika anda muntah maka perut anda pun akan mengalami kontraksi. Pada saat terjadi kontraksi, rahim akan akan mengalami kondisi meregang serta mengecil. Menyusutnya rahim tersebut membuat terbukanya serviks dan hingga bayi terdorong menuju saluran kelahiran. 

Tapi dalam masalah kontraksi tidak hanya terjadi ketika menjelang persalinan. Banyak macam kontraksi yang terjadi pada masa kehamilan itu sendiri berlangsung. Berikut ini adalah beberapa macam kontraksi yang telah terjadi selama masa kehamilan, diantanya:

-Kontraksi Dini

Pada kontraksi ini umumnya terjadi ketika permulaan kehamilan atau ketika trimester pertama kehamilan. Keadaan ini terjadi ketika tubuh masih sedang dalam tahap penyesuaian dengan berbagai perubahan akibat adanya kehamilan. Terjadinya kontraksi disebabkan oleh mereganyanya ligamen di sekitar rahim biasanya diikuti oleh perut kembung, konstipasi dan dehidrasi. Jika kontraksi di awal kehamilan ini diikuti oleh adanya bercak darah maka segeralah anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

-Kontraksi Palsu

Jenis kontraksi ini biasa disebut dengan istilah Braxton-Hicks, pada umumnya terjadi ketika kehamilan telah memasuki usia 32-34 minggu. Waktunya tidak bisa ditentukan sebab biasanya terjadi setiap 30 menit sekali dengan waktu kontraksi sekitar 30 detik. Rasanya seperi nyeri ketika kram haid. Ketika kontraksi ini tidak terjadi menjadi lama, kemudian intervalnya semakin memendek dan tidak bertambah kuat, maka persalinan tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Sebaiknya Anda harus berendam di air hangat untuk meredakan kontraksi ini. Tapi saat kontraksi semakin kuat dan interval semakin pendek maka bisa menjadi petunjuk bahwa persalinan akan segera berlangsung.

-Kontraksi Saat Berhubungan

Pada saat berhubungan dapat juga menimbulkan terjadinya kontraksi. Oleh karena itu sebelum anda berhubungan, pastikan terlebih dulu melalui pemeriksaan dokter bahwa kehamilan anda dinyatakan sehat. Kontraksi yang terjadi saat berhubungan, tidak akan menjadikan resiko lahir prematur, selama kehamilannya sehat dan tanpa komplikasi.

-Kontraksi Sebenarnya

Kontraksi sebenarnya terjadi menjelang persalinan. Kontraksi berlangsung selama 40-60 detik, terjadi di setiap 10 samai 20 menit atau satu jam, kemudian kontraksi terjadi menjadi lebih sering. Kontraksi sebenarnya akan diikuti oleh pembukaan mulut rahim, keluarnya cairan atau lendir yang bercampur darah yang berwarna kecoklatan yang merupakan sebagai sumbatan lendir atau mukus pada leher rahim.

Rahim merupakan otot terbesar di dalam tubuh perempuan. Ketika anda berkontraksi, otot tersebut meregang. Hal itu terjadi begitu saja, sama ketika perut Anda berkontraksi waktu Anda muntah, misalnya. Terasa ada remasan, pengencangan, dan penyusutan pada otot tersebut. Rahim memang meregang dan mengecil. Penyusutan itu menarik serviks sehingga terbuka, dan akhirnya mendorong bayi ke kanal kelahirannya (vagina).

Berikut beberapa Tips untuk Mengurangi Nyeri Kontraksi

Rasa nyeri karena kontraksi hebat ini bisa dikurangi dengan tips-tips berikut ini:

-Ubah posisi Anda

Anda perlu mencoba posisi yang tidak menentang gravitasi, seperti membuka panggul. Caranya, duduklah bersandar di dinding, di sandaran kursi, atau pada tubuh suami. Mengubah posisi saat persalinan adalah salah satu cara paling populer untuk mengurangi peluang intervensi lain. Tetapi, begitu dokter melakukan tindakan, Anda akan dilarang bergerak karena monitoring pada bayi dalam kandungan harus dilakukan terus-menerus.

-Pemijatan

Pemijatan yang baik jika dilakukan dengan tekanan yang konsisten dan mengarah ke bawah. Anda bisa duduk sambil memeluk bantal atau menghadap sandaran kursi, sementara pasangan memijat punggung dan pinggul Anda. Pasangan bisa menggunakan bola tenis untuk mengurut tulang belakang dan punggung bawah, dengan gerakan memutar. Agar pasangan siap memijat, lakukan latihan memijat jauh-jauh hari sebelumnya.

-Lakukan afirmasi

Rasa takut akan sesuatu yang belum tentu terjadi akan meningkatkan persepsi nyeri. Anda bisa mengucapkan kalimat-kalimat afirmasi, yang menyatakan bahwa melahirkan adalah proses alami yang bisa dilakukan semua perempuan. Mungkin akan ada masalah, tetapi selalu ada cara untuk mengatasinya. Kadang-kadang keinginan kuat untuk bersalin secara normal bisa mendorong perempuan untuk menekan rasa takut dan lebih berani menghadapinya. Anda juga bisa berbagi mengenai ketakutan-ketakutan Anda, bahkan menangis, apabila itu bisa melegakan Anda.

-Berendam dalam air

Membenamkan diri Anda dalam air yang hangat ketika akan menjalani persalinan terbukti cukup efektif untuk mengurangi rasa nyeri akibat kontraksi. Hal ini dikarenakan ketika Anda duduk dengan rileks dalam bathtub, otot-otot tubuh Anda akan mengendur karena hangatnya air. Jika di rumah sakit tempat Anda bersalin terdapat bathtub, Anda bisa mencoba untuk menyirami perut dengan air hangat dengan lembut menggunakan shower. Tekanan lembutnya akan memberikan efek nyaman bagi perasaan nyeri di bagian punggung bawah.

-Meminta dukungan dari sekeliling Anda

Banyak kasus ibu hamil yang akan melahirkan tidak ditemani oleh siapa pun hingga waktunya untuk melahirkan. Anda bisa mengajak suami, orang tua, atau kerabat perempuan untuk menemani Anda. Karena bagaimana pun juga, Anda butuh sosok untuk mendegar keluhan Anda menjelang persalinan. Petugas medis sudah biasa dengan kasus ini maka daripada itu mereka biasanya tidak menemani. Jika ibu hamil sudah merasa aman dan nyaman, ia akan menjalani proses persalinan dengan beban yang berkurang. Untuk itu, tempat persalinan dan siapa yang menemani adalah hal penting.

-Berpikir sesuatu yang menyenangkan

Hormon oksitosin adalah hormon kehamilan yang berperan besar dalam kontraksi. Hormon ini juga muncul ketika suami memijat Anda atau ketika Anda merasa nyaman dan aman pada suatu kondisi. Ketakutan yang berlebih dapat memperlambat kinerja hormon ini. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat lingkungan di sekitar Anda terasa lebih nyaman bagi Anda sehingga menghapalkan gerakan yoga bukanlah sebuah keharusan. Misalnya dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan.

-Akupunktur

Dalam filosofi Cina, rasa sakit dan nyeri terjadi akibat ketidakseimbangan aliran energi dalam tubuh. Keseimbangan itu dikendalikan dengan menusukkan jarum-jarum kecil atau menggunakan tekanan jari tangan ke titik-titik tertentu di tubuh. Banyak wanita hamil yang merasakan manfaatnya untuk mengatasi keluhan selama hamil, seperti mual atau sakit kepala. Metode ini kemudian juga dipakai untuk meringankan nyeri persalinan.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai “Tips Untuk Mengurangi Nyeri Pada Saat Kontraksi“. Semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Baca juga : Khasiat Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan

Terus kunjungi situs http://obatpenyuburkandungansupayacepathamil.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Tips Untuk Mengurangi Nyeri Pada Saat Kontraksi

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *