Jual Obat Herbal Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil Yang Aman Tanpa Efeksamping.

Wanita Yang Menopause Dini Lebih Rentan Kena Penyakit Jantung

Semua wanita pasti akan mengalami menopause. Namun gejala dan waktu terjadinya akan berbeda-beda. Pada beberapa kasus, ada yang mengalaminya lebih cepat, yaitu sebelum memasuki usia 40 tahun. Selain tidak berpeluang untuk memiliki anak lagi, Wanita Yang Menopause Dini Lebih Rentan Kena Penyakit Jantung.

Wanita Yang Menopause Dini Lebih Rentan Kena Penyakit Jantung

Wanita Yang Menopause Dini Lebih Rentan Kena Penyakit Jantung | Sekitar 50 persen wanita yang menopause sebelum usia 45 tahun berisiko mengalami serangan jantung dibandingkan wanita yang mengalami menopause di usia 50-an tahun ke atas. Pada umumnya, wanita menopause di atas usia 51 tahun. Saat mencapai menopause, tubuh secara alami berhenti memproduksi hormon estrogen dan hormon-hormon lainnya.

Di dunia ini ada sekitar satu dari 10 wanita yang mulai menopause pada usia dini. Paling tidak, ada satu dari 1.000 wanita yang menopause sebelum usia 30 tahun. Lalu, ada satu dari 100 wanita yang menopause sebelum berusia 40 tahun.

Menopause yang terlalu cepat rupanya membuat kadar estrogen juga menurun. Hormon tersebut memiliki kemampuan hebat dalam menjaga kesehatan jantung, seperti diungkap peneliti dari Erasmus University Medical Centre di Belanda seperti dikutip laman Daily Mail, Kamis (15/9/2016).

Dalam pembuluh darah, estrogen berperan membuat pembuluh darah melebar sehingga membantu mengakomodasi aliran darah dengan baik. Saat terjadi penurunan estrogen membuat pembuluh darah jadi kaku,” kata peneliti dalam studi yang dipublikasikan JAMA Journal.

Dalam studi ini peneliti melakukan analisis terhadap 32 studi yang melibatkan 310.000 wanita. Mereka membandingkan pengalaman wanita yang menopause lebih muda dari 45 tahun dan yang lebih dari 45 tahun.

Ternyata, yang alami menopause dini cenderung 50 persen terkena penyakit jantung koroner. Lalu sekitar 11 persen meninggal akibat serangan jantung, dan 12 persen meninggal lebih cepat akibat hal-hal lainnya. Lewat hasil penelitian ini para ilmuwan berharap wanita perlu menyadari penyebab serangan jantung bukan hanya soal berat badan berlebih, tapi juga usia pada saat menopause. Sehingga bisa dilakukan intervensi menjaga jantung sehat. (Obat Pelangsing Tubuh Alami)

Adakah cara untuk mengatasi menopause dini?

Menopause dini tidak bisa diobati, tapi ada perawatan yang tersedia untuk membantu mengelola gejala. Selain menerapkan gaya hidup sehat, perawatan untuk menopause prematur meliputi:

  • Melakukan terapi penggantian hormon, dengan menggunakan berbagai obat hormon untuk vagina dalam dosis rendah. Perawatan ini mengurangi gejala menopause, terutama pada vagina.
  • Melakukan terapi hormon menopause dengan suplemen estrogen dan progesteron untuk mengurangi keparahan gejala dan pengeroposan tulang.

Terapi yang dilakukan jangka panjang memang berisiko dengan penyakit kanker dan stroke. Namun, JoAnn Manson, seorang direktur di Connors Center for Women’s Health and Gender Biology di Boston merekomendasikan perawatan ini untuk pasien menopause dini untuk mencegah kematian dini akibat penyakit jantung.

Yang penting pasien harus melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menjalani terapi dan rutin memeriksakan kesehatan.

Baca Juga : Sederet Buah Yang Dianjurkan Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui

| Wanita Yang Menopause Dini Lebih Rentan Kena Penyakit Jantung |

«
»

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *